25 C
Makassar
Minggu, Januari 29, 2023
BerandaRagam6 Cara Alami Mengatasi Asam Lambung

6 Cara Alami Mengatasi Asam Lambung

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Meskipun asam lambung sangat diperlukan tubuh untuk mencerna makanan. Akan tetapi, produksi asam lambung yang terlalu banyak juga tidak baik bagi tubuh.

Bagaimana jika asam lambung telanjur tinggi hingga menyebabkan penyakit asam lambung?

Beberapa cara mengatasi asam lambung berikut ini bisa diterapkan.

Selain dengan obat-obatan medis, dilansir dari laman DokterSehat cara mengatasi asam lambung yang naik juga bisa dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda.

Apa saja bahan-bahan alami tersebut? Berikut informasinya!

1. Minyak Peppermint

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwasanya minyak peppermint dapat mengurangi gejala yang timbul saat asam lambung naik seperti gejala nyeri ulu hati dan heartburn.

Akan tetapi, hindari menggunakan bahan alami yang satu ini jika di saat yang bersamaan Anda juga sedang mengonsumsi antasida. Penggunaan keduanya secara bersamaan justru akan memperparah gejala heartburn.

2. Jahe

Bahan alami selanjutnya yang juga dipercaya bisa mengatasi asam lambung naik adalah jahe. Bahkan, jenis rempah yang satu ini sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat untuk meredakan gejala heartburn, mual, pembengkakan pada kerongkongan, dan iritasi yang umum terjadi ketika penyakit ini kambuh.

Kendati demikian, perlu ditekankan juga bahwasanya Anda disarankan untuk mengonsumsi jahe secukupnya saja. Konsumsi jahe yang terlalu berlebihan justru dapat memperparah gejala.

3. Cuka Apel

Cuka apel mengandung senyawa alkali sehingga bahan alami yang satu ini disebut-sebut juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati asam lambung.

Tak hanya itu, cuka apel diklaim dapat membasmi bakteri yang bersarang di dalam lambung dan juga turut menjadi penyebab refluks.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya yang selama ini kita ketahui bermanfaat untuk menyuburkan rambut, ternyata juga merupakan obat asam lambung alami.

BACA JUGA :  Cara Mudah Atasi Asam Lambung

Mengonsumsi lidah buaya dipercaya efektif meredakan peradangan lambung yang menyebabkan asam lambung naik. Saat Anda merasakan gejala asam refluks lambung, siapkan daun lidah buaya, lalu olah menjadi jus lidah buaya dan minum kira-kira 30 menit sebelum makan.

5. Buah-Buahan

Buah-buahan memang punya segudang manfaat, termasuk mengatasi asam lambung. Buah adalah obat asam lambung alami yang sangat disarankan untuk Anda konsumsi.

BACA: Obat Asam Lambung Ranitidin Ditarik, BPOM Sarankan Pasien Hubungi Dokter

Sebagai contoh, buah pisang. Buah berkulit kuning ini efektif mengatasi asam lambung naik karena memiliki kandungan zat yang bersifat antasid alami. Selain pisang, ada juga buah apel. Konsumsi buah apel sebaiknya menjelang tidur agar saat Anda terlelap, tekanan dan volume asam lambung dapat terkontrol.

6. Permen Karet

Sejumlah penelitian mengungkapkan fakta menarik, bahwa permen karet bisa menurunkan asam lambung, kendati tidak bisa menyembuhkan refluks itu sendiri.

Permen karet bisa dijadikan alternatif obat asam lambung alami karena saat mengunyah permen karet, produksi air liur akan mengalami peningkatan. Air liur sendiri berfungsi untuk ‘membersihkan’ asam lambung. Anda bisa mengunyah permen karet selama beberapa menit setelah menyantap makanan.

Perlu dijadikan catatan, Anda tidak bisa serta merta hanya bergantung pada bahan-bahan alami di atas sebagai cara mengatasi asam lambung. Pengobatan medis seharusnya masih menjadi pilihan utama dalam mengobati gangguan lambung ini. Jika ragu, tanyakan pada dokter mengenai pemanfaatan bahan alami tersebut.

spot_img

Headline

Populer