24 C
Makassar
Thursday, October 17, 2024
HomePolitikTak Ingin Lagi Merantau Cari Nafkah, Warga Pesisir Desa Pao-pao Siap Menangkan...

Tak Ingin Lagi Merantau Cari Nafkah, Warga Pesisir Desa Pao-pao Siap Menangkan Andi Ina-Abustan di Pilkada Barru

- Advertisement -

BARRU, SULSELEKSPRES.COM – Ratusan masyarakat pesisir di Maralleng, Desa Pao-pao, antusias menyambut kehadiran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Barru nomor urut 3, Andi Ina Kartika Sari, Abustan, dalam kampanye terbatas, Rabu (9/10/2024).

Dalam pertemuan ini, warga yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan menyampaikan banyak harapan kepada pasangan calon nomor urut 3 tersebut, terutama terkait kesejahteraan dan peningkatan ekonomi daerah.

Nur Hijriah Rusdi, salah seorang perwakilan warga pesisir mengatakan, pihaknya menitipkan harapan agar warga Barru tak tak lagi merantau demi mencari nafkah untuk keluarga.

“Insyaallah, kalau rezekinya Andi Ina dan Abustan, akan ada lapangan pekerjaan untuk masyarakat lokal, sehingga tidak perlu lagi meninggalkan keluarga untuk merantau,” harapnya.

Merespons hal tersebut, Abustan memaparkan visi misi paslon dengan tagline INIMI BARRU tersebut, yakni pemberdayaan masyarakat pesisir, khususnya melalui penguatan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal. Selain itu, kata Abustan, memberikan pembekalan dan pelatihan keterampilan yang berbasis potensi lokal di tiap daerah.

“Di Desa Pao Pao ini, potensi laut dan hasil ikannya sangat besar. Namun, apakah produk-produk dari potensi ini sudah diolah menjadi produk lokal oleh para ibu-ibu? Seharusnya pemerintah daerah memfasilitasi pemberdayaan agar para ibu rumah tangga bisa turut serta dalam mengembangkan ekonomi melalui UMKM. Insyaallah dalam kepemimpinan kami, hal itu akan kami wujudkan,” jelas Abustan.

Pernyataan tersebut mendapat sambutan positif dari warga, yang melihat perhatian khusus pasangan calon ini terhadap berbagai golongan masyarakat, termasuk ibu rumah tangga.

Program-program yang diusulkan, seperti pembangunan Kawasan Industri Barru (KIBAR), diharapkan akan menciptakan lapangan kerja baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Sementara, tokoh masyarakat setempat juga menambahkan, bahwa kehadiran Andi Ina sebagai calon Bupati perempuan pertama di Barru, akan mencatat sejarah baru bagi daerah tersebut.

“Ini menjadi kebanggaan tersendiri, karena Barru akan dipimpin oleh perempuan yang memiliki visi jelas dan keberpihakan kepada semua lapisan masyarakat,” ungkapnya.

Dengan program yang terfokus pada pemberdayaan nelayan, UMKM, dan sektor-sektor penting lainnya, pasangan Andi Ina-Abustan semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat pesisir Kabupaten Barru, yang berharap akan adanya perubahan signifikan di masa mendatang.

spot_img
spot_img

Headline

spot_img