BerandaDaerahAda Mahar Rp 100 Juta Syarat Calon Ketua Kadin Bone

Ada Mahar Rp 100 Juta Syarat Calon Ketua Kadin Bone

- Advertisement -

BONE,SULSELEKSPRES.COM – Salah satu syarat bakal calon untuk menjadi Ketua Kadin Bone wajib menyetorkan uang “mahar” Rp100 juta setiap calon pada saat pendaftaran.

Namun, dari kelima bakal calon ketua, ada dua calon belum menyetor uang pendaftaran senilai Rp 100 juta yang dipersyaratkan panitia.

“Kami belum menyetor dan juga tidak bingung ndi, cuma hanya perlu komunikasi lagi tentang metode teknis dari poin 4 ini, apakah memang harus dibawa tunai atau transfer dan berapa dan peruntukannya. dan beberapa hal teknis lainnya,” kata Dr Awaluddin (Sekretaris Gapensi) saat dikonfirmasi sulselekspres.com, Rabu (9/6) malam.

Awaluddin menjelaskan pada saat mengambil formulir hanya menerima melalui via WA formulirnya tanpa penjelasan teknis dari panitia di hari penutupan pendaftaran.

BACA JUGA: Kadin Bone Dukung Anindya Bakrie di Munas ke VIII

“Dan sepertinya belum sempat dibahas saat pengembalian berkas dan masih ada waktu verifikasi berkas bisa jadi kami akan diberi penjelasan saat itu,” lanjutnya.

Hal senada juga disampaikan oleh bakal calon ketua lainnya, yakni H Akbar. Menurutnya, hingga saat ini belum menyetorkan uang pendaftaran tersebut ke panitia.

Sementara itu, calon ketua Kadin Bone Cheriani Kaddas yang juga mantan Ketua Hipmi Bone membuktikan keseriusannya dengan memenuhi segala persyaratan yang telah ditentukan panitia.

“Iye sudah setor uang pendaftaran itu. Dan itu, tidak ada masalah. Ini untuk kepentingan proses tahapan. Apalagi kas Kadin Bone dari nol. Dan panitia akan mempertanggungjawabkan ini dengan baik sampai tahapan penyelenggaraan Musda,” ungkapnya.

BACA JUGA: Pulihkan Ekonomi Dampak Covid-19, Kadin Ajak Pemkab Bone Saling Kolaborasi Gali Potensi Daerah

Plt Ketua Kadin Bone, Andi Imran Mappasonda mengakui adanya persyaratan bagi setiap calon ketua Kadin Bone untuk menyetorkan uang Rp100 juta.

“Sebagai persyaratan. Panitia muskab masukkan sebagai syarat pendaftaran bakal calon ketua umum untuk biaya pelaksanaan kegiatan,” kata Imran.

Dikatakan A Imran, ini masih ada tahapan ke depan, yakni verifikasi berkas calon menuju penetapan calon ketua umum yang sementara berproses.

Sebelumnya, Panitia pelaksana Musyawarah tingkat Kabupaten DPD Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kabupaten Bone telah resmi menutup pendaftaran pada Selasa, (08/06/2021).

Sedikitnya ada lima bakal calon Ketua Kadin Bone telah mengembalikan formulir.

Dari kelima bakal calon tersebut, diantaranya H Akbar (Ketua Gapensi), Dr Awaluddin (Sekretaris Gapensi), H Firdaus (Wakil Ketua Gapensi), Ir Amran (Pembina Gapensi) dan Hj Cheriani (Mantan Ketua Hipmi Bone).

Dari sekian lima bakal calon ketua Kadin Bone ini masing-masing berasal dari kader Hipmi dan Gapensi untuk memperebutkan organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian tersebut.

“Untuk Muscab kita akan gelar bulan ini dan kita akan menyesuaikan jadwal Bapak Bupati Bone dengan ketua kadin Provinsi Sulsel, Andi Iwan Darmawan,” kata A Imran.

A Imran juga menjelaskan, di AD/ART diatur penetapan balon ketua kadin bisa dipercepat dan bisa juga dua hari sebelum Muscab.
Sementara itu, Steering Committee Muscab Kadin, Andi Ashar mengatakan verifikasi berkas diupayakan selesai dalam waktu dua hari ini.

Diketahui, ada lima bakal calon (Balon) yang sudah mengembalikan formulir pendaftaran kepada panitia Muskab Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kabupaten Bone.

Kelima orang tersebut, diantaranya H Akbar (Ketua Gapensi), Dr Awaluddin (Sekretaris Gapensi), Haji Firdaus (Wakil Ketua Gapensi), Ir Amran (Pembina Gapensi), dan Dr Hj. Cheriani Kaddas, S.Si, M.Pd (Mantan Ketua Hipmi Bone).

PenulisYusnadi