29 C
Makassar
Rabu, Juli 6, 2022
BerandaDaerahAJI Makassar Bekali Jurnalis Parepare Pelatihan Advokasi dan Keamanan Liputan

AJI Makassar Bekali Jurnalis Parepare Pelatihan Advokasi dan Keamanan Liputan

PenulisLuki Amima
- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, menggelar pelatihan Advokasi dan Keamanan Liputan, di Cafe dan Resto Teras Empang, Minggu (8/5/2022).

Pelatihan diikuti puluhan Jurnalis Parepare dari berbagai media baik cetak, televisi maupun siber.

Ketua AJI Makassar, Nurdin Amir mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi para Jurnalis pada saat liputan, dan langkah-langkah yang dihadapi ketika menghadapi masalah terkait pemberitaan.

“Pelatihan ini dalam rangka meningkatkan kapastias para Jurnalis dalam era digital, karena teman-teman yang tersandung kasus terjerat undang-undang ITE yang mayoritas terkait kode etik,” katanya.

Nurdin menjelaskan, beberapa materi penting yang disampaikan kepada Jurnalis dalam pelatihan ini yakni, penilaian risiko dan pengelolaannya, perencanaan, kesadaran situasional, keamanan lokasi dan bangunan.

“Diera digital ini persoalan semakin rumit karena adanya ancaman undang-undang ITE pasal 27 dan 28 terkait pencemaran nama baik, yang paling sering dilaporkan oleh berbagai pihak yang merasa terganggu dengan aktivitas pemberitaan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, tambah Amir, ke depannya AJI Makasaar akan menekankan dan melakukan pendalaman terkait Kode Etik Jurnalistik.

“Kita berharap setelah mengikuti pelatihan ini, teman-teman lebih dapat menjaga diri dan tetap mengutamakan keselamatan baik sebelum, maupun setelah liputan,” tandasnya.

spot_img
spot_img

Headline