29.8 C
Makassar
Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaPolitikAzikin Solthan Serahkan Bantuan di Kampung Adat Gantarangkeke

Azikin Solthan Serahkan Bantuan di Kampung Adat Gantarangkeke

- Advertisement -

BANTAENG, SULSELEKSPRES.COM – Anggota DPR RI dari fraksi Gerindra, Azikin Solthan memberikan bantuan kepada komunitas adat Gantarangkeke, di wilayah adat Gantarangkeke, Kabupaten Bantaeng, Sabtu, (22/12/2018).

Bantuan itu berupa perlengkapan kesenian. Dalam kesempatan itu, Azikin Solthan mengaku bantuan itu adalah bagian dari upaya menjaga dan memelihara budaya yang ada di Bantaeng. Dia menyebut, kebudayaan di Bantaeng harus senantiasa terjaga dengan baik.

Anggota komisi II DPR RI ini menyebut budaya adalah bagian yang tak terpisahkan dari keadaan sosial di kemasyarakatan. Budaya itu tercipta dari tatanan masyarakat.

“Budaya ini harus dijaga karena terkait dengan pesan-pesan kebaikan yang dititipkan oleh leluhur kita,” jelas dia.

Dia mengatakan, kunjungannya di Gantarangkeke, selain untuk menyerahkan bantuan peralatan kesenian juga untuk menyerap aspirasi konstituennya. “Ini adalah bagian dari fungsi DPRD,” jelas mantan Bupati Bantaeng dua periode ini.

Tokoh adat Gantarangkeke, Hj Minasang memberikan apresiasi terhadap bantuan yang diberikan Azikin Solthan. Dia mengatakan, hal itu menandakan jika perhatian terhadap adat dan budaya yang ada di Bantaeng masih ada.

“Kita berharap semua pihak bisa menjaga kawasan adat ini. Bantuan seperti ini adalah bagian dari upaya untuk menjaga adat dan budaya di Bantaeng,” kata dia.

Warga Gantarangkeke, Sirah mengakui jika kawasan adat Gantarangkeke ini butuh perhatian yang lebih dari semua pihak. Ada beberapa bangunan yang sudah mulai lapuk.

“Seperti atap balai adat dan tiang rumah semboyan yang sudah mulai lapuk,” jelas dia.

Meski demikian Sirah memberikan apresiasi terhadap kunjungan Azikin Solthan. Bagi dia, kunjungan itu adalah bagian dari upaya untuk menjaga budaya di Bantaeng.

(Rahmi Djafar)

BACA JUGA :  Caleg Asal Bulukumba Diduga Dikeroyok Orang Tidak Dikenal
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3