31 C
Makassar
Minggu, September 25, 2022
BerandaMetropolisBapenda Sulsel Sediakan Sejumlah Layanan untuk Permudah Wajib Pajak

Bapenda Sulsel Sediakan Sejumlah Layanan untuk Permudah Wajib Pajak

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi selatan menyediakan berbagai layanan untuk mempermudah wajib pajak. Baik transaksi secara tunai maupun non tunai.

Untuk pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor misalnya, Bapenda Sulsel membuat terobosan pembayaran pajak secara daring yang diberi nama Bapenda Sulsel Mobile.

Menurut Sekretaris Bapenda Sulsel Reza Faisal Saleh, bayar pajak lewat Bapenda Mobile dinilai lebih praktis dan mendetail tanpa perlu mengunjungi kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT).

“Sudah tersedia di Android dan iOS. iOS ini memang terbaru, satu bulan kita tunggu verfikasi dari pihak Apple setelah dilakukan masa uji coba selama 6 bulan. Dan sudah sukses,” jelas Reza ,Jumat (23/9/2022).

Untuk pembayaran, nantinya bisa lewat Indomaret, Tokopedia, dan GoPay “Bisa juga bayar non-tunai karena ada juga mesin gesek di Samsat, bisa juga QRIS yang berbasis barcode,” lanjutnya.

Bapenda Sulsel juga baru-baru ini menyedian layanan lewat QRIS Dinamis. “Kalau QRIS, biasa kan, kita sendiri yang tulis nominalnya, sedangkan ini (QRIS Dinami) otomatis akan muncul nilainya. Jadi begitu di scan, langsung muncul nilainya. Langsung dari sistem,“ ujarnya.

Sementara, untuk mempermudah transaksi non tunai bagi masyarakat wajib pajak, Bapenda Sulsel menyediakan gerai SAMSAT, drive THRU, Samsat Keliling.

“Ada juga namanya Samsat Lorong. Jadi kita pakai motor, dengan menyasar di Kota Makassar. Ada juga Kedai Samsat, ada di Al-Markas, di Lapangan Hertasning, ada di Boulevard,” papar Reza.

Disisi lain Bapenda Sulsel juga rutin turun ke lapangan melakukan pendataan dan penagihan di pusat-pusat perbelanjaan.

“Jadi kan sudah bisa cek di hape. Namanya itu OTT (operasi tempel-tempel) di parkiran mal. Setelah dicek dan mereka menunggak, dia langsung ditempel. Jadi kita ingatkan lah. Kita beritahu, kalau mereka perlu bayar pajak,” imbuhnya.

spot_img

Headline