29 C
Makassar
Senin, Februari 6, 2023
BerandaPolitikBappilu Gerindra Sulsel Sebut Syarat Pendaftaran Caleg Ikut Regulasi PKPU

Bappilu Gerindra Sulsel Sebut Syarat Pendaftaran Caleg Ikut Regulasi PKPU

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – DPD Gerindra Sulsel mulai membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) 16-30 Desember. Pendaftaran dibuka secara umum dan dipastikan tidak dipungut biaya.

Pendaftaran caleg Gerindra ini dibuka untuk semua tingkatan mulai DPRD kabupaten/kota, provinsi dan pusat. Pendaftar diminta datang langsung ke kantor DPD dan DPC Gerindra 24 kabupaten kota. Pasalnya tak dibuka pendaftaran secara daring.

“Pendaftaran sudah dibuka mulai besok (hari ini) begitu untuk DPR RI, provinsi maupun tingkat kabupaten/kota. Selain kader kami juga mengajak putra-putri terbaik yang sevisi dengan kami untuk menjadi calon anggota legislatif,” kata Sekretaris Gerindra Sulsel Darmawangsyah Muin saat konferensi pers di kantor DPD Gerindra Sulsel, Jl AP Pettarani, Kamis 15 Desember.

Darmawangsyah memastikan saat ini sudah melakukan pendataan awal, setidaknya sudah ada 20 bacaleg yang sudah siap mendaftar secara resmi semua tingkatan. Saat ini juga DPC sudah diminta menginventarisasi daftar caleg sementaranya .

“Pendaftaran caleg ini serentak. Hingga 8 Januari kami sudah menerima nama-nama yang mendaftar di tiap DPC. Kami menginginkan sedapat mungkin untuk datang langsung kantor DPC dan DPD untuk tingkat provinsi. Adapun untuk DPR RI cukup datang ke kantor DPD Gerindra Sulsel,” jelas wakil ketua DPRD Sulsel ini.

Sementara, Ketua Bappilu DPD Gerindra Sulsel Harmansyah mengatakan, pihaknya akan ikuti seluruh regulasi daripada persyaratan PKPU. Maka dari itu, ia meminta kader berminat sebagai caleg memenuhi persyaratan umum yang ada.

“Kami dari partai Gerindra tidak ingin keluar dari pada P-KPU, jadi kita taat patuh dan tunduk terhadap PKPU itu. Ini untuk menghindari pencalegan kedepan, jangan sampai kita menetapkan di luar PKPU kemudian digugurkan itu kita hindari sekali,” katanya.

Namun sebelumnya pihaknya di DPD untuk lebih dulu melakukan list bakal calon legislatif, apalagi secara resmi sudah antusias masyarakat bergabung dengan Gerindra. Bahkan pihaknya menyeleksi caleg bermasalah hukum.

“Kita akan menghindari caleg-caleg yang terindikasi utamanya sudah terdakwa. Kita hindari yang pernah. Kita akan Istiqomah caleg yang kita usung,” pungkasnya.

spot_img

Headline

Populer