25 C
Makassar
Kamis, Februari 22, 2024
BerandaPolitikBegini Kata Bro Rivai Soal Kemenangan Koko Di Makassar

Begini Kata Bro Rivai Soal Kemenangan Koko Di Makassar

- Advertisement -
- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Founder Brorivai Center, Abdul Rivai Ras, ikut berkomentar terkait kemenangan kolom kosong di Pilkada Makassar 2018.

Fenomena unggulnya kolom kosong menurutnya, telah menambah referensi sejarah demokrasi di Indonesia, dimana realitas politik terkait pilihan usungan partai bisa berbeda dengan harapan rakyat.

“Kedepan partai politik benar-benar harus selektif dan ikut merasakan keinginan rakyat, serta harus mengawalinya dengan kajian mendalam agar favorable bagi partai dan rakyat yang diyakini kelak memenangkan kompetisi” jelas Bro Rivai yang juga bakal calon gubernur Sulsel 2018, Minggu (8/7/2018).

BACA JUGA: 
Bocah Ini Beri Selamat Atas Kemenangan KOKO
Suara Koko Tetap Kokoh, Appi-Cicu Gagal Menang
KOKO Menang, Indira: Allah Sudah Menentukan Semua Jalan

Olehnya itu, ia mengatakan dengan adanya pengalaman seperti ini, semoga mampu dijadikan guru yang baik dalam menuntun praktik demokrasi di masa depan.

“Kini rakyat sudah cerdas, sehingga Pilkada ulang 2020 mendatang semua pihak harus berhati-hati dan lebih cermat, cegah subjektivitas dan pragmatisme yang tinggi agar tidak terulang lagi dan memboroskan uang rakyat”, imbuhnya.

Untuk diketahui, hasil rekapitulasi perolehan suara untuk Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) di pleno KPU Makassar, Sabtu, 7 Juli 2018 dinyatakan final dan menempatkan kolom kosong sebagai pemenang atas calon tunggal, sehingga dapat dipastikan Pilwalkot Makassar akan diulang pada Pilkada Serentak 2020 mendatang.

BACA JUGA :  Tim Koko Desak "Presiden Jokowi" Tindaklanjuti Soal Pilkada Makassar
spot_img

Headline

Populer