27 C
Makassar
Minggu, Mei 22, 2022
BerandaDaerahBuka MTQ Tingkat Kabupaten, Adnan: Gerakan Membangun SDM Berlandaskan Imtak

Buka MTQ Tingkat Kabupaten, Adnan: Gerakan Membangun SDM Berlandaskan Imtak

- Advertisement -

GOWA,SULSELEKSPRES.COM – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Gowa dinilai menjadi kegiatan yang dianggap dapat membangun sumber daya manusia (SDM) berlandaskan iman dan takwa (Imtak).

Apalagi kegiatan ini bersinergi dengan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menjadikan Tahun 2020 sebagai tahun keagamaan.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Adnan Purichta Ichsan mengatakan, MTQ bukan hanya pelaksanaan lomba semata, tetapi yang tepenting dalam pelaksanaan ini adalah penanaman nilai agama untuk membangun SDM di wilayah Kabupaten Gowa berlandaskan iman dan takwa.

“Pembangunan SDM sangat penting dilakukan, apalagi disertai dengan membangun karakter ketakwaan kita kepada Allah SWT, sehingga melalui pelaksanaan MTQ ini kita mampu membumikan AlQuran,” katanya saat membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Gowa Ke-43 yang berlangsung di Pelataran Masjid Agung Syekh Yusuf, Selasa (10/3/2020).

Adnan mengungkapkan, sementara untuk mendukung 2020 sebagai tahun keagamaan Pemkab Gowa telah mencanangkan program 1 hafidz, 1 desa/kelurahan. Untuk tahap awal telah mengirimkan 30 imam untuk dijadikan penghafal Alquran.

“Program ini telah bekerja sama dengan ustadz Adi Hidayat dan akan terus berlanjut hingga 5 tahun kedepan. Dari program ini akan mencetak sebanyak 842 imam desa menjadi penghafal,” ungkapnya.

Adnan berharap dari kegiatan MTQ ini akan mencetak kafilah yang akan mewakili Kabupaten Gowa ke tingkat provinsi yang dilaksanakan pada Agustus mendatang di Kabupaten Pangkep.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Nadjamuddin mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai sarana dalam menggali minat dan bakat qoriah yang tersebar. Kegiatan ini diikuti sebanyak 342 peserta yang tersebar di 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa dengan mengikuti 22 cabang lomba, masing-masing 11 cabang untuk putra dan 11 cabang untuk putri.

Adapun beberapa cabang lomba yang dipertandingkan yakni tartil quran, tilawah anak-anak, remaja, dan dewasa, golongan 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz hingga 30 juz dan lomba lainnya.

“Semua cabang lomba memiliki kriteria umur tersendiri, ada 12 tahun, 14 tahun, 20 tahun, dan maksimal 40 tahun,” katanya.

Kegiatan ini dilaksanakan hingga 12 Maret mendatang dengan membagi beberapa lokasi seperti Masjid Agung Syekh Yusuf, Aula Kemenag Kabupaten Gowa dan Masjid Nur Aminah Agus Salim.

M. Syawal

spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3