29 C
Makassar
Selasa, Juli 5, 2022
BerandaNasionalCDC Tetapkan Indonesia Penularan COVID-19 Rendah

CDC Tetapkan Indonesia Penularan COVID-19 Rendah

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menetapkan Indonesia sebagai negara dengan tingkat penularan COVID-19 rendah atau Level 1 per Senin (25/10/2021).

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan masyarakat diminta tidak terlena dengan penetapan status tersebut. Ancaman gelombang ketiga dan varian baru virus corona masih terus mengintai.

Sejumlah negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Brunei, dan Thailand masih berada dalam tingkat penularan COVID-19 tinggi atau Level 4.

”Masyarakat, baik yang berada di Indonesia maupun yang hendak masuk ke Indonesia, wajib tetap disiplin protokol kesehatan dan mematuhi setiap kebijakan Pemerintah. Tidak ada toleransi bagi pihak yang melanggar ketentuan,” katanya di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (1/11/2021), dilansir dari situs resmi Kemenkes.

Dengan ditetapkannya status tersebut, pemerintah terus meningkatkan kualitas penanganan COVID-19 melalui deteksi dengan meningkatkan tes epidemiologi, meningkatkan rasio kontak erat yang dilacak, dan surveilans genomik.

Tak hanya itu, pemerintah juga melakukan penguatan dari sisi terapeutik dengan mengonversi tempat tidur di rumah sakit sebanyak 30-40% dari total kapasitas RS & pemenuhan suplai oksigen, alat kesehatan & SDM, mengerahkan tenaga kesehatan cadangan, pengetatan syarat masuk RS, dan pemanfaatan isolasi terpusat.

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito melalui situs resminya, menyebutkan dalam mewaspadai periode akhir tahun, Pemerintah belajar dari pengalaman di tahun 2020. Dimana periode libur akhir tahun lalu berujung peningkatan kasus di Indonesia, bahkan juga terjadi di dunia.

Karena, saat ini tren mobilitas sudah mengalami kenaikan, yaitu mencapai 22,14% di pusat belanja, 5,43% di taman, dan 2,68% di tempat retail dan rekreasi. Padahal, kondisi kasus Indonesia yang saat ini sedang berada di titik terendah dan telah menurun selama 15 minggu perlu kita pertahankan agar tidak kembali meningkat pada saat periode libur Nataru.

Bahkan Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan peniadaan mudik  Idul Fitri. Nyatanya tidak cukup menekan pergerakan penduduk. Saat peniadaan mudik diberlakukan, mobilitas di pusat belanja naik mencapai 34,14%, di taman naik hingga 20,43% serta di tempat retail dan rekreasi naik 1,43%.

spot_img
spot_img

Headline