31 C
Makassar
Minggu, September 25, 2022
BerandaMetropolisCegah Penyakit Jantung, Indonesia Hearth Bike Kampanyekan Hidup Sehat di Makassar

Cegah Penyakit Jantung, Indonesia Hearth Bike Kampanyekan Hidup Sehat di Makassar

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Sebanyak 550 pesera mengikuti Indonesia Heart Bike yang digelar oleh yayasan jantung Indonesia. Kegiatan itu dilakukan di tribune lapangan karebosi, Jalan Jenderal Sudirman, Ahad pagi 18 September 2022.

Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia, Robert Jap mengatakan, kegiatan Indonesia Heart Bike ini diikuti 550 pserta. Terdiri dari sepeda sehat 250 dan senam jantung sehat 300 peserta.

“Jadi totalnya secara keseluruhan 550 pesera,”ujar Robert kepada awak media.

Lebih lanjut Robert menyampaikan, untuk hari ini ada tiga daerah yang menggelar kegiatan tersebut Yaitu Kota Makassar, Denpasar, dan Malang. Selanjutnya pada pekan depan digelar di Surabaya, Semarang, Medan, dan Jakarta.

“Ini rutin kami lakukan di 80 kota di Indonesia.Tujuannya agar jantung kita sehat,”ucapnya.

Pasalnya, Indonesia merupakan negara peringkat pertama kasus penyakit jantung di dunia. Sehingga perlu dicegah sejak dini. Karena penyakit jantung tidak lagi mengenal usia. “Mau muda usia 20 tahun atau yang sudah lanjut usia akan terdampak dengan penyakit ini sehingga tubuh perlu digerakkan agar jantung tetap sehat,”jelasnya.

Sementara Ketua Panitia Indonesia Hearth Bike, Meity Rahmatia menambahkan, kegiatan yang dilakukan yayasan jantung Indonesia merupakan tindaklanjut dari program anti mager yang dicanangkan oleh pemerintah provinsi. Tujuannya agar badan tetap sehat dan tidak mudah terkena serangan jantung.

“Makanya kami juga berikan edukasi ke masyarakat dalam menangani serangan jantung secara tiba-tiba,”beber legislator DPRD Sulsel dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Sedangkan Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman yang hadir melepas sepeda sehat tersebut menghimbau agar masyarakat tetap mengikuti pola hidup sehat. Salah satunya dengan berolahraga.

Adapun kegiatan sepeda sehat yang dimulai pukul 07.00 WITA mengambil rute di tribune karebosi lalu menuju ke Jalan Ahmad Yani, Rappocini, Vetran Selatan, Bawakaraeng, Urip Sumohardjo, Rappocini, dan finisih di Jalan Jenderal Sudirman.

Berbagai hadiah pun dibagikan kepada peserta. Berupa alat-alat elektronik seperti kulkas, sepeda, dan kompor gas.

Turut hadir diantaranya istri mantan Gubernur Sulawesi Selatan, Liestiaty F Nurdin, Sherly Farouk, dan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

spot_img

Headline