30 C
Makassar
Rabu, Januari 27, 2021
Beranda Ekbis Dari Festival Banjar, Ummat Hindu Bakal Garap Ekonomi Kreatif Untuk PAD Makassar

Dari Festival Banjar, Ummat Hindu Bakal Garap Ekonomi Kreatif Untuk PAD Makassar

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Menyambut perayaan Hari Raya Nyepi 2020, kalangan ummat Hindu di kota Makassar melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan keagamaan.

Selain dari sembahyang dan ritual keagamaan, ummat Hindu yang ada di kota Makassar juga melakukan berbagai kegiatan sosial, seperti donor darah, aksi penghijauan, dan sejumlah kegiatan lainnya.

Selain itu, hari raya nyepi 2020 ini disambut dengan gelaran Festival Banjar yang berlangsung di Pura Giri Natha, jalan Perintis Kemerdekaan, kota Makassar, Minggu (15/3/2020).

Dalam kegiatan ini dimeriahkan dengan berbagai item, seperti lomba memasak, pameran jajanan khas Bali, dan hiburan-hiburan tarian khas Bali.

Menurut keterangan Dewa Nyoman Mahendra selaku ketua Parisada Hindu Dharma kota Makassar, Festival Banjar tersebut nantinya bakal dikembangkan menjadi wadah ekonomi kreatif ummat Hindu.

“Ya tentu dari festival ini kita harapkan bisa menjadi besar. Dari sini nanti kita akan kembangkan jadi usaha kelompok untuk terus melestarikan budaya dan makanan Bali.”

“Nanti bakal ada sate lilit dan makanan khas Bali lainnya yang bisa dipesan via online. Ini untuk kesejahteraan kelompok kita,” ujar Dewa.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa usaha kelompok yang mereka bangun sangat berpeluang untuk diperbesar dan bisa membantu PAD kota Makassar dari sisi pariwisata dan kuliner.

“Ya nanti kalau sudah bagus, sudah besar, pasti kita mengarah ke sana. Kebetulan saya juga di Dinas Perdagangan, jadi mudah-mudahan bisa bantu.”

“Nanti kita bina dulu di kelompok, dilihat mana yang bagus, kalau sudah besar di kelompok baru merambah yang lain. Nanti Dinas Perdagangan bantu jual, perbankan bantu pembiayaan. Jadi mudah-mudahan bisa lah,” terang Dewa.

Jika hal ini bisa terealisasi, maka tentu akan menjadi gebrakan baru untuk ummat Hindu dalam memberikan kontribusi di bidang tersebut kepada pemerintah kota Makassar.

- Advertisement -

Headline