28 C
Makassar
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaNasionalDasrizal, Qari Indonesia Juara 1 MTQ Internasional Kuwait

Dasrizal, Qari Indonesia Juara 1 MTQ Internasional Kuwait

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Prestasi internasional kembali diraih qari Indonesia.  Dasrizal M. Nainin, utusan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Sumatera Barat (Sumbar) meraih Juara 1 pada MTQ Internasional di Kuwait yang dilaksanakan pada 10-19 Oktober 2022.

“Selamat kepada Ustaz Dasrizal yang meraih Juara 1 MTQ Internasional di Kuwait. Ini kabar gembira melengkapi kegembiraan kita setelah suksesnya MTQ Nasional ke-29 di Kalsel,” ungkap Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin di Jakarta, Kamis (20/10/22), dilansir dari situs resmi Kemenag.

Kamaruddin berkomitmen bahwa pihaknya bersama LPTQ akan terus melakukan pembinaan kepada generasi muda agar semakin dekat dengan Al-Qur’an. Upaya pembinaan terus dilakukan di tingkat Nasional hingga Kabupaten/Kota bahkan Kecamatan.

“Prestasi di kancah internasional tentu saja mengharumkan nama bangsa. Ini juga menjadi optimisme dan harapan kita semua untuk terus melakukan pembinaan kepada masyarakat,” sambung pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum LPTQ Nasional.

Dirjen meyakini, para qari merupakan influencer di tengah masyarakat. Ia berharap qari mampu menjadi katalisator semangat masyarakat untuk belajar, memahami, dan mengamalkan Al-Qur’an.

“Bacaan Al-Qur’an dengan suara indah para qari akan melahirkan kecintaan masyarakat untuk belajar Al-Qur’an. Seiring berjalannya waktu, masyarakat akan terus mempelajari, memahami, dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an yang dipenuhi dengan muatan paham moderat serta penyemai kerukunan di tengah masyarakat,” harap Guru Besar Ilmu Hadis UIN Alauddin Makassar ini.

Terpisah, Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Al-Qur’an dan Al-Hadits Kemenag Rijal Ahmad Rangkuty menambahkan, MTQ Internasional Kuwait merupakan salah satu MTQ bergengsi. Ia mengaku bersyukur atas capaian qari Indonesia di ajang tersebut.

“Kita bersyukur dan ini menjadi bukti bahwa generasi kita mampu sejajar bahkan unggul di kancah internasional. Sesuai arahan Ketua Umum LPTQ Nasional, kita akan terus memberikan pembinaan dan kesempatan kepada qari dan hafiz Indonesia untuk berlaga di MTQ Internasional,” tandas pria yang hafal 30 Juz Al-Qur’an ini.

spot_img

Headline

Populer