27 C
Makassar
Minggu, Mei 22, 2022
BerandaHeadlineDenny Siregar: Kata Kadrun Bukan Buat Menghina Islam

Denny Siregar: Kata Kadrun Bukan Buat Menghina Islam

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Penggiat media sosial, Denny Siregar kembali menguraikan penyematan kata kadrun atau kadal gurun terhadap kelompok tertentu.

Dia menegaskan kalau kata kadrun bukan untuk menghina islam. Istilah kadrun disebut justru untuk memisahkan Islam sebagai agama suci dengan oknum yang berupaya menungganginya.

“Kata ‘kadrun’ itu bukan buat menghina Islam. Justru itu sbg pembagi, mana Islam agama suci dgn oknum yg menungganginya utk kepentingan pribadi. Ya, ibarat memisahkan emas dan kotoran gitu lah. Islam itu emasnya, kalo kadrun…,” kata Denny Siregar melalui media sosialnya, dilihat, (29/7/2020).

Istilah kadrun seringkali dicapkan terhadap kelompok pengkritik pemerintah. Penyematan istilah kadrun ini sempat dipersoalkan ke polisi oleh Badan Koordinasi Kerapatan Adat Nagari (BAKOR KAN) Sumatera Barat.

Mereka sempat menyebut kalau istilah kadrun buatan PKI untuk menyudutkan umat islam.

“Penggunaan istilah ‘kadrun’ atau yang diterjemahkan dengan Kadal Gurun merupakan sebutan rasis dan perlawanan yang menuduh bahwa agama Islam adalah agama orang Arab yang tidak pantas hidup di Indonesia,” demikian penggalan poin 5 pernyataan BAKOR KAN pada Juni 2020 lalu.

BACA JUGA :  Pencalonan Gibran Diperdebatkan Sesama Pendukung Jokowi
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3