Disdukcapil Parepare Segera Dilengkapi Mobil Pelayanan Keliling

Kepala Disdukcapil Kota Parepare, Amran Ambar/SULSEL EKSPRES/LUKI AMIMA

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Parepare, Amran Ambar mengatakan, Disdukcapil akan dilengkapi dengan mobil keliling, yang berfungsi untuk menjemput pelayanan dengan tetap berbasis online, di tengah-tengah masyarakat.

Dia menjelaskan, beberapa fungsi mobil tersebut nantinya mampu menyelesaikan proses administrasi di tempat. Sehingga, kata dia, modelnya jemput bola dan kantor berjalan, karena meliputi semua jenis pelayanan yang ada dalam Disdukcapil.

“Kelebihannya, kita memastikan data dan kepemilikan administrasi kependudukan, untuk merapikan data penduduk dan supaya bersih dari data yang tidak beraturan, dan memudahkan proses kepengurusan tanpa perlu harus datang ke kantor,” katanya, Jumat (17/11/2017).

Dia mengemukakan, untuk turun kemasyarakat, pihaknya berkoordinasi dengan pihak Kelurahan, untuk mengumumkan bahwa pelayanan siap dilaksanakan. Hal itu, katanya, untuk menghindari yang datang mengurus keperluan administrasi di kantor, jika sifatnya mendadak atau darurat.

“Di sinilah kami inisiatif untuk menjemput bola, karena kondisi masyarakat berbeda. Baik dari segi kesibukan, jarak tempuh, dan termasuk biaya bolak-balik dari rumah ke kantor,” ungkapnya.

Terpisah, Sekretaris Komisi I DPRD Parepare, Andi Muh. Fudail menerangkan, mobil tersebut sangat penting untuk memenuhi pelayanan masyarakat, terkait pelayanan administrasi kependudukan. Sebab, jelas dia, pesoalan tersebut menjadi kebutuhan yang sangat urgen dan harus disegerakan.

“Dengan adanya mobil keliling tersebut nantinya, maka diharapkan pelayan bisa lebih cepat dan maksimal. Itu bentuk kepedulian pemerintah dan perjuangan kami, dalam merealisasikan aspirasi masyarakat,” tandasnya.

BACA JUGA :  Ratusan Warga Lakukan Perekaman KTP el di Mall Nipah