25 C
Makassar
Kamis, Januari 27, 2022
BerandaMetropolisDukcapil Bakal Cetak 28.000 KTP-el Warga Makassar di Jakarta

Dukcapil Bakal Cetak 28.000 KTP-el Warga Makassar di Jakarta

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar bakal mencetak sekitar 28.000 keping KTP elektronik (e-KTP) warga Makassar di Jakarta.

Hal itu dilakukan lantaran blanko yang ada di Dukcapil Kota Makassar sangat terbatas dan jumlah tersebut merupakan data atau suket yang keluar sejak 2017 hingga 2018 lalu.

“Iya kami akan cetak sebanyak 28.000 KTP elektronik di Jakarta,” kata Kepala Dinas Dukcapil Makassar, Aryati Puspasari Abady, saat dikonfirmasi, Minggu (24/2/2019).

Baca: Kota Makassar Jadi Juara Terakhir Adu Cepat Perekaman E-KTP

Sebagai pengganti KTP-el yang belum dicetak pihaknya memberikan suket kepada masyarakat yang telah melakukan perekaman di Dukcapil Makassar dan pos-pos perekaman yang telah disiapkan oleh Dikcapil dibeberapa tempat di Kota Makassar.

Sejak dua tahun terakhir, blanko dari pusat diakuinya sangat terbatas, sehingga daftar antrian cetak e-KTP semakin bertambah. Kebijakan cetak di Jakarta juga merupakan program dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Lanjutnya, konsorsium Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) yang memfasilitasi hal ini, memiliki mesin printer besar yang mampu mencetak secara massif dan cepat.

“Ini memang program nasional, namanya program cetak cepat e-KTP. Nah, bagi daerah yang memang masih punya PRR yang masih banyak, itu bisa mendaftar,” jelasnya.

Baca: Blanko KTP Dukcapil Makassar Habis

Disdukcapil Makassar kini tengah menyiapkan data-data PRR yang dimaksud. Untuk selanjutnya diteruskan ke Dirjen Dukcapil Kemendagri. Dia berharap, jumlah e-KTP yang akan dicetak itu bisa rampung bulan ini.

Penulis: M. Syawal
BACA JUGA :  Ratusan Bikers Turut Meriahkan Perayaan Hari Lahir VIC Indonesia
BACA JUGA
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6