Eks Ketua KPU Sudah Prediksi Appi-Cicu Kalah Sejak DIAmi Digugurkan

Kedua pasangan calon memperlihatkan nomor urutnya masing- masing/ SULSELEKSPRES.COM/ MUHAMMAD ADLAN

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Kekalahan calon tunggal di Pilkada Makassar, Munafri Arifuddin-Rahmatika Dewi (Appi-Cicu) oleh kolom kosong sejatinya bukan sesuatu yang terbilang mengejutkan.

Kekalahan ini juga sudah pernah diprediksi eks Ketua KPU Sulsel, Mappinawang sejak April lalu. Saat itu pencalonan pasangan petahana Ramdhan ‘Danny’ Pomanto-Indira Mulyasari (DIAmi) baru saja digugurkan oleh putusan hukum.

“Itu beda. Artinya, ini kotak yang senggaja dikosongkan, dulunya pernah berisi yaitu Danny-Indira,” kata Pengamat Hukum Kepemiluan, Mappinawang (30/4/2018) lalu.

Baca Juga:

“Nasib Danny Pomanto, Disalahkan Hukum Tanpa Diadili”

Danny Pomanto: Kebenaran Bisa Disalahkan, Tapi Tidak Bisa Dikalahkan

Danny Pomanto Ungkap Rentetan 8 Proses Penjegalan Dirinya di Pilwali Makassar

Dia menjelaskan, keberadaan kolom kosong atau kotak kosong di Pilkada Makassar tidak bisa disamakan dengan kolom kosong pada Pilkada di daerah lain seperti Bone dan Enrekang. Bone dan Enrekang sejak awal memang tak ada calon lain, sedangkan di Pilwali Makassar dulunya ada pasangan Danny-Indira yang pernah di tetapkan KPU.

“Muslimin Bando sejak awal tidak teridentifikasi siapa lawannya. Kalau Appi sudah teridentifikasi itu lawannya Danny. Kotak kosong itu dianggap Danny,” katanya.

Sehingga, Appi-Cicu dengan melawan kotak kosong dianggapnya bukanlah pekerjaan mudah. Masyarakat Makassar disebut akan tetap datang ke TPS. “Apalagi inikan bersamaan Pilgub, jadi masyarakat akan datang ke TPS,” pungkasnya.

Baca: Pilwali Makassar, CRC: Masyarakat Berempati pada Danny Pomanto

Kekalahan Appi-Cicu sekaligus kemenangan kolom kosong ini juga diakui Direktur Celebes Researc Centre (CRC), Herman Heizer. Lembaga yang dipimpinnya juga telah melakukan riset dimasa tengan pasca tahapan Pilkada.

“Hasilnya memang begini, tidak terlalu jauh dengan hasil Quick Count,” pungkas Herman 27 Juni 2018.

BACA JUGA :  "Mungkin Ibu Cicu dan Ibu Indira Janjian"

Hitung cepat CRC diketahui menempatkan kolom kosong menang dengan 53,49 persen. Adapun Appi-Cicu hanya meraih 46,51 persen.