32 C
Makassar
Jumat, September 25, 2020
Beranda Edukasi Fakultas Sastra Unibos Kaji Sastra dan Budaya

Fakultas Sastra Unibos Kaji Sastra dan Budaya

 

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Fakultas Sastra Universitas Bosowa (Unibos) melakukan kajian mendalam terkait sastra dan budaya di Indonesia. Pengkajian ini dilakukan secara virtual yang diikuti oleh mahasiswa dan masyarakat secara umum.

Bahasa, Sastra, dan Budaya, yang saling memiliki korelasi. Kebudayaan banyak mengandung kata-kata yang secara tidak langsung terhubung dengan bahasa, begitupun dengan sastra yang dimana bahasa adalah wadah karya sastra tercipta. Hal inilah yang mendasari digelarnya kajian tersebut.

Dalam kegiatan ini, sejumlah narasumber dari beberapa universitas, seperti Juliastuti S, (Dosen IAIN Palu), Mardliya Pratiwi Zamruddin (dosen Universitas Mulawarman), Sudirmasn Macca, (Dekan Fakultas Sastra Unibos).

Dalam kegiatan yang dipimpin langsung oleh Asyrafunnisa, (dosen Fakultas Sastra Unibos) tersebut, berbagai pihak turut antusias dan pro aktif, sehingga penjabaran seputar sastra dan budaya semakin menarik dibahas.

Dalam kesempatan ini, Sudirman Macca mengungkapkan, kajian ini diharapkan menjadi media belajar Bahasa, Budaya dan Sastra untuk memperkenalkan kepada para pelajar dan para pendidik yang bergerak di bidang bahasa dan sastra budaya, bahwa hal tersebut memiliki keterkaitan erat yang tidak dapat dipisahkan.

“Di sini kita mencoba memaparkan beberapa kajian dari Center Culture dan Bahasa dalam kajian ini. Semoga mahasiswa dan pelajar dapat memahami Bagaimana budaya itu dan bahasa itu berperan dalam kehidupan kita sehari-hari,” ujar Sudirman.

“Terutama kami juga menjelaskan bagaimana penelitian dalam budaya itu termasuk bagaimana aplikasi teori dalam pengkajian budaya bahasa dan sastra,” lanjutnya.

Dengan begitu, Sudirman berharap kegiatan-kegiatan edukasi terkait kebudayaan dan sastra tidak berhenti di momen itu saja. Tetapi bisa terus dibudayakan dalam waktu yang panjang.

“Harapan kami kedepan dapat mengadakan seminar lagi dalam kajian-kajian tertentu seperti kajian kontemporer ini dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa dan pelajar bagaimana kajian dan sastra itu berperan dalam pendidikan dan kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Headline

Denny Siregar: Pak Gatot Berapa Anggota PKI yang Sudah Ditangkap Saat Menjabat?

SULSELEKSPRES.COM - Penggiat media sosial Denny Siregar ikut menyoal sikap mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, yang dianggap terus menghembuskan isu kebangkitan PKI. Denny...

Saudi Bertahap Buka Umrah, Kemenag Tunggu Rilis Izin Masuk

​SULSELEKSPRES.COM - Kerajaan Arab Saudi secara bertahap akan kembali membuka penyelenggaraan ibadah umrah. Diawali dengan izin terbatas bagi warga negara dan ekspatriat yang tinggal...

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unimerz Jalani Akreditasi

SULSELEKSPRES.COM - Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Megarezky (Unimerz) Makassar, menjalani akreditasi secara virtual. Pandemi Covid 19 menyebabkan kegiatan akreditasi program studi...

Unimerz-Pemprov Sulsel Kerja Sama di Sektor Penelitian dan Pengembangan

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyepakati kerja sama di bidang Penelitian dan Pengembangan. Kesepakatan kerjasama ini ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman...