BerandaRagamGubernur Sulsel Akui Adanya Klaster Pilkada

Gubernur Sulsel Akui Adanya Klaster Pilkada

- Advertisement -
MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah (NA), mengakui salah satu faktor melonjaknya kasus Covid-19 adalah pemilhan kepala daerah (pilkada) serentak.
“Yah banyak faktor termasuk salah satunya Pilkada, buktinya banyak paslon yang kena bahkan ada yang meninggal. Sebenarnya Pilkada bukan problem tapi kesadaran masyakarat untuk melindungi diri,” kata NA, Kamis (18/12/2020).
Nurdin Abdullah menjelaskan bahwa kasus positif Covid-19 di Sulsel memang naik, namun satu kesyukuran karena angka kematian masih bisa dikendalikan lebih rendah daripada nasional.
“Kita sudah prediksi, dengan pesta demokrasi pasti naik. Karena bukan lagi droplet saja tapi lewat benda misalnya alat peraga dan lain sebagainya. Jadi saya kira kita sudah prediksi kita sudah persiapkan dengan baik,” lanjut NA.
Orang nomor satu di Sulsel tersebut menegaskan, pihaknya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sudah melakukan kesiapsiagaan bagaimana menekan kasus positif Covid-19.
“Itu sekarang lagi kita buat kajiannya, karena kenaikan kasus didominasi oleh transmisi lokal, jadi bukan dari luar. Ini masih transmisi lokal sehingga yang harus dilakukan sekarang sumber penularan, di mana sumbernya,” tambahnya.