25 C
Makassar
Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaDaerahHari Jadi Bone, Pemprov Sulsel Kucurkan Dana Rp200 Miliar

Hari Jadi Bone, Pemprov Sulsel Kucurkan Dana Rp200 Miliar

- Advertisement -

WATAMPONE, SULSELEKSPRES.COM – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menghadiri puncak perayaan Hari Jadi Bone ke-689 dengan Mattompang Arajang yang berlangsung di Lapangan Merdeka Watampone, Sabtu (6/4/2019).

Hari Jadi Bone diperingati tanggal 6 April setiap tahunnya. Hal ini berdasarkan Perda Kabupaten Bone Nomor 1 Tahun 1990. Penetapan ini diawali dengan kegiatan seminar yang dihadiri oleh Pakar Sejarah dan Budayawan Bone.

Tanggal dan Bulan penetapan Hari Jadi Bone diambil berdasarkan Pelantikan Raja Bone ke-16 Lapatau Matanna Tikka pada 6 April 1696. Masa Pemerintahnnya (1696–1714). Sedangkan penetapan tahunnya berdasarkan sejak Tahun 1330 masa pemerintahan Raja Bone ke-1 yaitu La Ubbi yang digelar Manurungnge Ri Matajang (1330–1358)

Dengan demikian, tahun 2019 Bone memperingati hari jadinya ke-689 yaitu, Tanggal 6 April 2019 yang terhitung sejak La Ubbi To Manurungnge Ri Matajang sebagai Raja Bone ke-1 (1330).

Perlu dipahami, bahwa Peringatan Hari Jadi Bone walaupun hitungan tahunnya sejak 1330 namun proses pelaksanaannya baru dimulai tahun 1990.

Pada Hari Jadi Bone ke-689, pemerintah Kabupaten Bone, mendapatkan dana bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, sebesar Rp264, 67 miliar. Bantuan tersebut berasal dari APBD Provinsi Sulsel tahun 2019.

Bantuan sebesar Rp264, 67 miliar tersebut terbagi ke empat sektor yakni bantuan Keuangan sebesar Rp46, 5 miliar, bantuan Keuangan Provinsi Dinas Bina Marga sebesar Rp101, 3 miliar.

Selain itu, bantuan tersebut juga ditujukan bagi Dinas SDA dan Cipta Karya yakni sebesar Rp 45, 3 Miliar, dan bantuan Dinas Kesehatan sebesar Rp 71, 6 miliar.

Bupati Bone, H Andi Fahsar Padjalangi mengatakan bahwasanya, bantuan yang diberikan pemerintah Provinsi pada hari Jadi Bone ke 689 tahun tersebut merupakan bentuk perhatian luar biasa dari Gubernur Nurdin Abdullah.

BACA JUGA :  Ichsan Yasin Limpo Sampaikan Ucapan Hari Jadi Bone

“Perhatian Pak Gub untuk Bone sangat luar biasa. Beliau memberikan bantuan keuangan ke Bone sebesar Rp 200 miliar lebih,” kata A.Fahsar.

Sementara itu, Gubernur Nurdin Abdullah mengungkapkan, bahwa pemerintah provinsi kedepan difokuskan untuk menyentuh daerah pedesaan, yakni pengembangan potensi desa.

“Terbaru kami sudah membicarakan dengan pemerintah Jepang bakal merencanakan membangun supermarket yang dikelola langsung masyarakat bukan perusahaan besar,” ungkap Nurdin

Sekedar diketahui, Informasi yang dihimpun sulselekspres.com, selama dua hari di Kabupate Bone Nurdin Abdullah tiba sejak Kamis (4/4/2019) petang dan menginap di Hotel Novena Watampone, Jl Ahmad Yani, Kecamatan Tanete Riattang, Kota Watampone.

Kunjungan Nurdin itu disambut secara resmi dengan upacara adat di Rujab Bupati Bone, Jl Petta Ponggawae, Kecamatan Tanete Riattang, Kota Watampone, Jumat (5/4/2019) kemarin.

Nurdin Abdullah disambut Bupati Bone H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, Wakil Bupati Bone Ambo Dalle, unsur Forkompinda, dan pejabat OPD Bone.

Di Rujab Bupati Bone, Nurdin Abdullah menghadiri pelantikan pengurus Forum Komunikasi dan Kerjasama Penasehat (FKKP) Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) Kabupaten Bone periode 2018 – 2021.

Pengurus Forum Komunikasi dan Kerjasama Penasehat BUMDES dan BUMDESMA merupakan sejumlah Kepala Desa se- Kabupaten Bone

Forum Komunikasi dan Kerjasama Penasehat BUMDES dan BUMDESMA Bone periode 2018 – 2021 dipimpin Ketua Ilham SE yang juga Kepala Desa Tocina, Sekretaris Andi Amran yang Kepala Desa Pitumpidange dan Bendahara Abu Bakar yang juga Kepala Desa Latonro.

Di depan para kepala desa, Bupati Bone H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi meminta para kepala desa mendukung dan mengawal kebijakan Gubernur Sulsel

“Bapak gubernur ini sangat luar biasa perhatiannya ke Bone, pak desa ini bapak Gub ini harus kita jaga dan kawal kebijakannya,” kata Fahsar di depan para Kades.

BACA JUGA :  Adnan Hadiri HUT Bone

Fahsar menyebutkan dalam menghadiahi Hari Jadi Bone ke-689, Gubernur Sulsel memberikan bantun keuangan daerah sebesar Rp264, 67 Miliar

Beliau memberikan bantuan keuangan daerah dari APBD Provinsi ke Bone sebesar Rp 200 miliar lebih. Adapun, total bantuan provinsi ke Bone yakni, Rp 264, 67 Miliar dengan rinciannya, yakni bantuan Keuangan Rp 46, 5 Miliar, bantuan Keuangan Provinsi Dinas Bina Marga Rp 101, 3 Miliar, bantuan Dinas SDA dan Cipta Karya Rp 45, 3 Miliar, Dinas Kesehatan(Rumah Sakit Regional) Rp 71, 6 Miliar.

Selain Nurdin Abdullah, Menteri Pertanian RI A Amran Sulaiman, Wakil Gubernur Sulsel A Sudirman Sulaiman, pejabat atau tokoh masyarakat asal Bone turut juga hadir.

Penulis: Yusnadi

spot_img

Headline