Hendak Menuju Makassar, Polda Sulbar Amankan 4.800 Detonator Bom

SULBAR, SULSELEKSPRES.COM – Personel Direktorat Kriminal Polda Sulbar menemukan sebanyak 4.800 denotator bom di daerah Kalukka, Provinsi Sulawesi Barat, Selasa (7/11/201).

Kabid Humas Polda Sulbar, AKBP Masyura mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada melintas kendaraan yang mencurigakan dari Arah Palu ke Makasar.

“Berdasarkan Informasi yang ada Personil Direktorat Krimum Polda Sulbar melakukan Penyelidikan sekira pukul 10.30 Wita, di temukan kendaraan dan ciri-ciri orang sesuai Informasi yang ada di salah satu rumah makan di daerah Kalukka,” ujarnya.

Kemudian Personil Direktorat Polda Sulbar mengamankan Orang dan kendaraan truk tersebut dan dilakukan introgasi awal.

“Berdasarkan hasil Introgasi awal di lapangan di akui bahwa orang tersebut bernama Ferdy, asal Palu dan membawa barang (detonator) yang disimpan di belakang back mobil truk,” ujarnya.

Pada saat itu, kata Masyura Personil menggiring ferdy ke belakang bak mobil truk untuk menunjukan barang tersebut. Barang tersebut di ambil oleh Ferdy dari bawah terpal warna orange.

“Setelah di buka maka ditemukan 20 kotak detonator tersimpan dalam kardus aqua, berdasarkan temuan tersebut di lanjutkan upaya penggeledahn di bawah terpal tersebut dan di temukan dalam karung dalam kemasan ban dalam bekas mobil sebanyak 28 dus detonator,” bebernya.

Setelah di lakukan pengecekan terhadap kotak detonator di temukan dalam 1 kotak detonator 100 batang detonator, total keseluruhannya dari 48 kotak detonator, 4800 batang detonator.

“Kemudian Pelaku dan Barang bukti serta sarana yang digunakan dalam membawa barang bukti di bawa ke Dit Krim Um Polda Sulbar untuk Proses penyidikan lebih lanjut,”pungkasnya.

BACA JUGA :  1000 Detonator Peledak Disita Polisi di Pelabuhan Nusantara Parepare, Pemesan Bakal Dicari