30 C
Makassar
Friday, March 29, 2024
HomeHukrim1000 Detonator Peledak Disita Polisi di Pelabuhan Nusantara Parepare, Pemesan Bakal Dicari

1000 Detonator Peledak Disita Polisi di Pelabuhan Nusantara Parepare, Pemesan Bakal Dicari

- Advertisement -
- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Sebanyak seribu detonator (alat picu) peledak disita personel Polsek Kawasan Pelabuhan Nusantara (KPN), dari seorang penumpang kapal, di Pelabuhan Nusantara Parepare, Sulsel.

Detonator itu diketahui berasal dari Nunukan, Kaltara.

“Iya benar, Kami amankan saat pemeriksaan rutin terhadap badan dan barang penumpang, gerak-geriknya mencurigakan, pas diperiksa kami temukan ribuan detonator dalam barang bawaannya, sudah kami serahkan ke Satreskrim untuk penyelidikan lebih lanjut,” urai Kapolsek Kawasan Pelabuhan Nusantara (KPN), dilansir dari detikcom, Jumat (29/3/2019).

BACA: Hendak Menuju Makassar, Polda Sulbar Amankan 4.800 Detonator Bom

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Parepare, AKP Abdul Haris Nicolaus menjelaskan, detonator yang diamankan pihaknya berjumlah 10 dus. Perdosnya, kata dia masing-masing terdapat 100 detonator.

“1 dus berisi 100 biji , jadi totalnya berjumlah 1.000 biji detonator,” terang Abdul.

Kata dia, pihaknya masih memburu pemesan barang berbahaya ini. Untuk saat ini, kata dia, detonator tersebut sudah dibawa ke Polres untuk pengembangan lanjutan.

“Identitas yang bawa belum bisa kami publish, dia beserta barang bukti masih dibawa oleh anggota di lapangan untuk pengembangan,” ungkap Abdul.

Penyelunduoan detonator bukan kali pertama dilakukan lewat Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare. Beberapa kali Polsek KPN berhasil menggagalkan Penyelundupan barang-barang sejenis. Umumnya, detonator ini digunakan untuk menjadi alat picu ledak bom ikan, namun ada juga yang memanfaatkan untuk tindak kejahatan yang lain.

Penulis: Agus Mawan

BACA JUGA :  Hendak Menuju Makassar, Polda Sulbar Amankan 4.800 Detonator Bom
spot_img

Headline

Populer