25 C
Makassar
Rabu, Januari 19, 2022
BerandaMetropolisHUT KORPRI, Kanwil Kemenag Sulsel Terima 2 Penghargaan Dari DJPb Kemenkeu

HUT KORPRI, Kanwil Kemenag Sulsel Terima 2 Penghargaan Dari DJPb Kemenkeu

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Tepat di Hari Ulang Tahun ke 50 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI), Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan memperoleh 2 (Dua) Penghargaan sekaligus dari Kementerian Keuangan RI melalui Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Prov. Sulsel.

Kedua Penghargaan Yang diterima langsung oleh Kabag TU H. Fathurrahman mewakili Kakanwil Kemenag Sulsel Didampingi Koordinator Sub. Bagian Keuangan Kanwil Kemenag Sulsel, Muhammad Asta, di Aula Pertemuan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulsel di Jalan Urip Sumoharjo Makassar adalah SATKER BESAR TERBAIK II (KEDUA) dalam Penilaian Laporan Keuangan Tingkat UAPPA-W Tahun 2020 dan OPERATOR TERBAIK II (KEDUA) Kategori Satker Besar dalam Penilaian Laporan Keuangan Tingkat UAPPA-W Tahun 2020 atas nama MARWAH RAUF yang juga merupakan seorang Analis Pengelolaan APBN pada Kanwil Kemenag Prov. Sulsel.

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan Syaiful dihadiri juga oleh sejumlah Institusi diantaranya Kepolisian Daerah Sulsel, Lantamal VI Makassar, Pengadilan Tinggi Negeri, Pengadilan Tinggi Agama, BPN, BPS dan sejumlah instansi lainnya di Sulsel pada Rapat Koordinasi UAPPA-W Tahun 2021 di Gedung Keuangan Negara II Makassar (Senin, 29 November 2021)

Kepala Kanwil DJPb Sulsel, Syaiful menyampaikan, pihaknya selaku representasi Kementerian Keuangan di daerah diberikan kewajiban dan tanggung jawab melakukan pendampingan pengelolaan keuangan baik keuangan pusat maupun daerah, termasuk Kementerian dan Lembaga terkait di Wilayahnya.

“Dalam upaya meningkatkan akuntabilitas pengelolalaan keuangan negara secara bersama-sama bersinergi kita melaksanakan kegiatan bedah laporan keuangan tahun 2020 yang sejalan dengan isu yang ada di masa ini,” kata Syaiful dalam sambutannya.

“Pemerintah memiliki peran sentral sebagai penggerak utama perekonomian serta memberikan pelayanan kepada masyarakat hal tersebut berdampak kepada kebutuhan keuangan negara yang nilainya terus meningkat dari tahun ke tahun,” tambahnya.

BACA JUGA :  Sahabat Rakyat Tetap Jokowi, Semarakkan CFD di Makassar

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Fathurrahman tidak mampu menyembunyikan Keharuan dan kebanggannya usai menerima Piagam Penghargaan dari Kepala Kanwil DJPb Sulsel tersebut.

“Alhamdulillah, Penghargaan ini dipersembahkan kepada seluruh Aparatur Kanwil Kementerian Agama Sulsel atas Hasil kerja keras dan dedikasi tinggi yang diberikan untuk Institusi Kemenag Sulsel, semoga ini bisa menjadi motivasi dan Cambuk bagi kami untuk berbuat dan mempersembahkan yang lebih baik di tahun tahun berikutnya, ini merupakan Kado terindah bagi Kemenag Sulsel di HUT Korpri yang ke 50 Hari ini.”, Ucap Fathurrahman.

Mantan Kabid PD. Pontren Kanwil ini menyebut bahwa Jumlah Entitas Pelaporan Atau Unit Akuntansi Pengguanaan Anggaran (UAKPA) Dibawah Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Anggaran 2020 Berjumlah 230 (Dua Ratus Tiga Puluh ) Satuan Kerja. Bisa Dibandingkan Dengan Seluruh Jumlah Satuan Kerjan Wilayah DJPB Sulsel, Persentase Jumlah Satker Khusus Kementerian Agama Sebesar 28% (Dua Puluh Delapan Persen) Dari 827 Jumlah Satuan Kerja. Ini Mengindikasikan Bahwa Kementerian Agama Memiliki Satker Terbesar Di Wilayah Kerja Kanwil DJPB Sulsel, Paparnya.

Terkait hal tersebut, kami senantiasa menempuh Kiat-Kiat diantaranya Melaksanakan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Secara Periodic Seperti Pelaksanaan Kegiatan Pra Rekonsiliasi Semesteran Dan Tahunan, Memberikan Cut-Off Waktu Tersendiri Kepada Seluruh Satker Kami Terkait Periode Upload Rekonsiliasi, Seprti Menekankan Batas Waktu Terakhir Untuk Upload Rekonsiliasi Priode 1 Minimal Dua Hari (H-2) Sebelum Periode Upload Tutup.

Lainnya adalah dengan Memaksimalkan Koordinasi Satuan Kerja Dengan Pihak-Pihak Terkait Seperti KPPN Di Wilayah Kerja Masing-Masing Dalm Hal Penyusunan Laporan Keuangan, serta Memberikan Motivasi Kepada Seluruh Komponen Penyusun Laporan Keuangan, Salah Satunya Yaitu Memberikan Apresiasi Kepada KPA Dan Operator Terbaik Dalam Penyusunan Laporan Keuangan. Indicator Yang Kami Gunakan Adalah Rekonsiliasi Dengan Kualitas Terbaik Dan Tercepat, Pungkas Fathurrahman.

BACA JUGA :  Andi Ina Kartika Jabat Ketua DPRD Sulsel Sementara
BACA JUGA

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6