27 C
Makassar
Kamis, Juli 29, 2021
BerandaTopikIlmuwan Temukan Inti Bumi di Bawah Laut RI Miring

Ilmuwan Temukan Inti Bumi di Bawah Laut RI Miring

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Ilmuwan menemukan bahwa inti bumi di bawah laut Indonesia tumbuh miring. Inti besi padat di tengah planet dilaporkan telah tumbuh lebih cepat di bawah Laut Banda di Indonesia. Hal inilah yang menyebabkan berkurangnya panas planet di bawah Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Seismolog dari University of California, Berkeley, Amerika Serikat.

Seismolog tersebut menyatakan bahwa pertumbuhan di satu sisi logam cair adalah produk dari kristal besi yang terbentuk saat besi cair mendingin, tetapi sesuatu di inti luar bumi atau mantel di bawah negara Asia Selatan mengeluarkan panas pada tingkat yang lebih cepat daripada di sisi yang berlawanan, di bawah Brasil.

BACA JUGA :  RMS : Parepare Lebih Baik Ditangan FAS

Itu artinya, inti bumi di bawah Indonesia kehilangan panas lebih cepat daripada yang berada di bawah Brasil.

Mengutip Independent dari CNBC Indonesia, semakin cepat pendinginan, maka semakin cepat kristalisasi besi terjadi dan semakin cepat juga pertumbuhannya.

Perbedaan seperti itu memiliki implikasi signifikan terhadap medan magnet Bumi, dan arus konveksi di inti yang menghasilkan medan. Hal inilah yang melindungi kita dari partikel matahari yang berbahaya.

“Kami memberikan batasan yang agak longgar pada usia inti dalam yakni antara setengah miliar dan 1,5 miliar tahun – yang dapat membantu dalam perdebatan tentang bagaimana medan magnet dihasilkan sebelum keberadaan inti dalam yang solid,” kata Barbara Romanowicz, Profesor UC Berkeley dari Sekolah Pascasarjana di Departemen Ilmu Bumi dan Planet dan Direktur Emeritus Laboratorium Seismologi Berkeley (BSL).

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

- Advertisment -