25 C
Makassar
Minggu, November 29, 2020
Beranda Ragam Ini Alasan Tubuh Cenderung Mudah Gemuk Setelah Menikah

Ini Alasan Tubuh Cenderung Mudah Gemuk Setelah Menikah

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Selain kecenderungan untuk mengalami kenaikan berat badan, banyak orang yang menyebut orang yang semakin gemuk setelah menikah sebagai pasangan yang berbahagia.

Jika ada pasangan yang justru semakin kurus, rumah tangganya dianggap kurang bahagia.

Penelitian yang dilakukan di University of Glasgow, Skotlandia dilakukan untuk mengetahui apa penyebab banyak pasangan yang cenderung menggemuk setelah menikah.

Ternyata, hal ini dipengaruhi oleh kebiasaan untuk tinggal bersama dengan pasangan dan kemudian mengadopsi pola makannya. Sebagai contoh, banyak orang yang ikut menikmati kebiasaan wisata kuliner pasangannya sehingga akhirnya ikut mengalami kenaikan berat badan.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa pasangan yang sudah menikah selama dua tahun cenderung mengalami peningkatan berat badan jika dibandingkan dengan mereka yang masih belum memiliki pasangan. Hanya saja, kaum hawa ternyata lebih berisiko mengalami kenaikan berat badan dibandingkan dengan pria.

BACA: Banyak Makan, Tapi Tubuh Tidak Gemuk, Ini Tipsnya

Hal ini disebabkan oleh kecenderungan sistem metabolisme tubuh pria yang lebih cepat dibandingkan dengan wanita. Jika pasangan pria dan wanita mengadopsi pola makan yang sama, maka hal ini akan membuat berat badan wanita cenderung lebih mudah naik.

Pasangan yang Sudah Menikah Pasti Mengalami Kenaikan Berat Badan?

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Obesity, disebutkan bahwa banyak pasangan menikah yang terbiasa memasak atau memesan makanan dalam porsi yang lebh banyak dari yang dibutuhkan.

Masing-masing orang mengalami kekhawatiran jika pasangannya kurang puas saat makan sehingga menganggap kebutuhan makanan lebih banyak. Selain itu, banyak pasangan yang menikmati makanan atau camilan sambil menonton acara televisi.

Hal ini membuat mereka kesulitan untuk mengendalikan kebiasaan makannya.

Anggapan bahwa pasangan yang memiliki pernikahan bahagia bisa mengalami kenaikan berat badan memang benar adanya. Hal ini disebabkan oleh munculnya rasa nyaman yang membuat mereka tidak begitu khawatir dengan penampilan tubuh.

Mereka pun cenderung semakin menikmati kehidupan, termasuk dalam hal menikmati makanan apa saja. Hal ini bisa berimbas pada berat badan yang semakin naik. Sumber: DokterSehat

Headline

APBD 2021 Defisit Sekitar Rp1 Triliun, Begini Penjelasan Pemprov

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Laporan akhir Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terhadap nota keuangan dan Rancangan Peratutan Daerah (Ranperda)...

NA: Januari Sekolah Dibuka, Para Guru Akan Diswab Massal

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah (NA), menegaskan bahwa sekolah akan kembali di buka pada Januari 2021 mendatang. Untuk menjamin bahwa semuanya...

Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Unimerz Jalani Assesmen Lapangan Via Daring

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Megarezky (Unimerz) menjalani assesman lapangan secara daring. Adanya wabah Covid...

Iman Melawan Pandemi

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Malam itu, Rabu (11/11/2020), cuaca cukup cerah. Kerlip cahaya bintang terlihat jelas di langit Makassar, meski tidak seterang sorot lampu Anjungan...