26.4 C
Makassar
Senin, Oktober 18, 2021
BerandaNasionalJangan Sampai Gagal dalam Seleksi CPNS 2021, Hindari Hal ini

Jangan Sampai Gagal dalam Seleksi CPNS 2021, Hindari Hal ini

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – BKN menyatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh peserta dalam mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Salah satunya mengenai kualifikasi pendidikan.

Kualifikasi pendidikan ini adalah kesalahan sepele yang sering dilakukan oleh peserta sehingga menyebabkan gagal dalam proses awal seleksi.

BKN, dalam pemaparan di akun media sosialnya, beberapa waktu lalu, kesalahan yang dimaksud adalah mendaftar di formasi yang tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikannya. Misalnya, untuk lulusan S1 Komunikasi dan melamar untuk D3 Komunikasi atau SMA maka sudah pasti gagal.

BACA JUGA :  Ratusan Personel Brimob ke Jakarta, Wiranto: Enggak Usah Diributkan

“Kita sekarang menjalankan sistem merit itu salah satunya adalah sesuai kualifikasi. Jadi kalau mau daftarnya D3 ya pakailah kualifikasi D3, jangan S1 mau daftar D3. Itu nggak bisa, pasti ditolak sama instansinya,” ujar karyawan BKN itu dikutip dari CNBCIndonesia.

Menurutnya, banyak yang berpikir karena kualifikasi pendidikan yang dilamar lebih rendah maka akan lebih mudah lolos. Padahal tidak dan justru itu akan menggugurkan peserta.

Oleh karenanya, BKN kembali menekankan agar peserta mendaftar sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki di formasi yang tersedia.

BKN berharap peserta tidak memaksakan masuk ke formasi yang diinginkan, padahal tak sesuai dengan kualifikasi pendidikannya.

“Jadi sarannya daftarlah sesuai dengan klasifikasinya,” tegasnya.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.064,5
EUR
16.313,5
JPY
123,0
KRW
11,9
MYR
3.382,5
SGD
10.430,7