29 C
Makassar
Kamis, Oktober 29, 2020
Beranda Metropolis Kadis Pertanahan: Pengelolaan Pasar Segar Sesuai Aturan

Kadis Pertanahan: Pengelolaan Pasar Segar Sesuai Aturan

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Makassar gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pihak pasar segar di kantor DPRD kota Makassar, Jumat (16/10/2020)

RDP tersebut membahas mengenai adanya indikasi kecurangan dari pihak pasar segar.

“Dasar perhitungannya sebenarnya disana itu berdasarkan peraturan menteri keuangan yang sudah beberapa kali juga melakukan perubahan. Sehingga dari situ semua dibuatlah perjanjian kerjasama kemudian dibuat perjanjian sewa menyewa. Kemudian ada ketentuan lain bahwa perusahaan ini harus memberikan CSR kepada pemerintah kota Makassar. Ia harus membayar pajak. Pajak parkir, ia harus membayar parkir. Jadi pemasukannya luar biasa disana,” kata Kepala Dinas (Kadis) Pertanahan kota Makassar, Manai Sophian, Jumat (16/10/2020)

Selain itu pengelolaannya berdasarkan permendagri 19 tahun 2016, Perda no.7 2017, dan Perwali no.18 tahun 2017 yang kemudian dirubah perwali no. 23 tahun 2020.

BACA: Ada Indikasi Penarikan Retribusi Ilegal di Pasar Segar

“Sewa untuk tahun ini 92 juta 500 ribu. tahun depan mungkin naik. Nanti kita lihat NJOP nya. Knaikan NJOP kemudian kita menggunakan undang-undang. Itu ada kenaikan biasanya maksimal 10%. Karena pengusaha juga tidak bisa terlalu diberati. Karena dia itu kan karyawannya berapa,” ungkapnya.

Manai Sophian juga mempertegas bahwa berdasarkan Perjanjian Kerja Sama (PSK) lahan Pasar Segar merupakan milik Pemkot Makassar.

“Berdasarkan penjanjian penyerahan lahan disana antara pemerintah kota makassar dengan pengembang maka itu sudah pasti menjadi miliknya pemerintah kota,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa semua pengusaha yang ada di pasar segar wajib melaporkan usahanya kepada pihak pemkot.

PenulisSelfi

Headline

Anak Didiknya Dipanggil Timnas, Ini Komentar Pelatih Akademi PSM

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pelatih akademi PSM Makassar, Muhammad Irfan Rahman, mengaku sangat bahagia ada anak didiknya yang kembali dipanggil oleh tim nasional Indonesia. Ia mengaku,...

3 Pemain U-16 PSM Juga Dipanggil Seleksi Garuda Select III

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pihak Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) baru saja menyampaikan surat permintaan pemain akademi PSM Makassar untuk mengikuti seleksi Garuda Select III. Dua pemain akademi...

Dua Pemain Akademi PSM Dipanggil Seleksi Garuda Select III

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pihak asosiasi Sepakbola tertinggi Indonesia, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) kembali memanggil dua pemain muda PSM Makassar untuk mengikuti tahap seleksi di tim...

PW-KKT Jeneponto Kaltim Segera Dilantik

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Turatea (PP-KKT) Jeneponto bersama Perwakilan Pengurus Wilayah dan Panitia KKTJ Kaltim, menggelar rapat persiapan pelantikan. Rencananya, pelantikan pengurus...