27 C
Makassar
Selasa, Januari 18, 2022
BerandaRagamKenali 13 Jenis Obat Diare Alami dan Medis

Kenali 13 Jenis Obat Diare Alami dan Medis

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Kendati terlihat sepele diare adalah penyakit yang mematikan. Ini dikarenakan pada saat diare tubuh akan kehilangan banyak cairan hingga akhirnya mengalami dehidrasi.

Olehnya itu, dibutuhkan jenis obat alami ataupun medis yang tepat untuk mengobati diare.

Pada saat diare mulai menyerang, pemberian obat diare alami dapat dilakukan sebagai bentuk pertolongan pertama pada diare.

Apa saja obat-obatan alami yang bisa dikonsumsi?

1. Jahe

Cara mengobati diare dengan obat alami yang pertama adalah dengan mengonsumsi jahe. Ya, tanaman rempah yang satu ini dipercaya efektif untuk meredakan gejala diare seperti sakit perut, perut kembung, mual, atau muntah.

Manfaat jahe untuk mengobati diare ini oleh karena jahe mengandung zat yang bersifat antibakteri sehingga ampuh untuk mengatasi bakteri penyebab diare yaitu Salmonella dan E.Coli.

Anda bisa menyeduh jahe bersama teh lalu diminum secara rutin 2 kali sehari sampai diare sembuh untuk mendapatkan khasiat jahe dalam mengobati diare.

2. Yogurt

Diare adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri jahat, yakni bakteri Salmonella dan E.Coli. Guna mengatasi bakteri-bakteri jahat tersebut, diperlukan peran bakteri baik yang bertugas untuk menghancurkan keduanya.

Yogurt adalah produk makanan atau minuman fermentasi yang di dalamnya terkandung bakteri baik seperti bifidobacterium dan Lactobacillus acidophilus. Oleh sebab itu, mengkonsumsi yogurt saat diare sangat disarankan agar bakteri baik bisa masuk dan bergabung bersama bakteri baiknya yang sudah ada di dalam usus untuk melawan bakteri jahat penyebab diare.

3. BRAT

Apa itu BRAT? BRAT tak lain merupakan akronim dari Banana (pisang), Rice (nasi), Apple sauce (saus apel), dan Toast (roti).

BACA: Sulsel Akan Lakukan Rapid Test Massal

BRAT adalah metode atau pola makan yang dianjurkan bagi para penderita diare. Mengkonsumsi makanan-makanan tersebut selama diare diklaim sebagai cara mengobati diare yang efektif. Obat diare alami yang satu ini memiliki kadar serat yang rendah, sehingga membantu untuk membuat tekstur feses menjadi lebih padat.

BACA JUGA :  Lembaga Survei Epicentrum Sebut Kekuatan IYL-Cakka Sulit Dibendung

Kendati begitu, BRAT hanya disarankan untuk dikonsumsi selama diare belum sembuh. Begitu diare sembuh, batasi konsumsi kombinasi makanan-makanan ini dan imbangi dengan jenis makanan lainnya yang lebih bernutrisi

BACA JUGA

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6