24 C
Makassar
Kamis, Mei 26, 2022
BerandaPolitikKPU Makassar Bakal Gelar Debat Kandidat di Jakarta

KPU Makassar Bakal Gelar Debat Kandidat di Jakarta

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Makassar mengambil langkah tegas dalam proses debat kandidat calon walikota dan wakil walikota Makassar 2020 ini.

Pihak KPU kota Makassar mengkaji kemungkinan besar pelaksanaan debat kandidat di Jakarta. Hal itu tidak lain untuk menghindari kerumunan massa pendukung paslon, demi mencegah penularan Covid-19 yang tengah melanda.

Informasi ini disampaikan oleh Ketua KPU kota Makassar, M Faridl Wajdi, pasca mengikuti rapat koordinasi dengan pemerintah kota Makassar, Selasa (20/10/2020).

”Debat pertama dan kedua kemungkinan kita gelar di Jakarta. Sedangkan debat yang ketiga kita akan lakukan di Makassar,” jelas Faridl.

Meski begitu, Faridl mengaku masih akan melihat perkembangan selanjutnya, apakah memang pilihan di Jakarta yang terbaik ataukah seperti apa.

BACA: Yakin Bawa Makassar Bangkit Kembali, Ketua RW di Lembo Pilih Appi-Rahman

”Kita akan lihat perkembangan selanjutnya, bagaimana pilihan terbaik untuk pelaksanaan debat,” lanjutnya.

Dikonfirmasi terpisah, Komisioner KPU kota Makassar Divisi Sosialisasi, Parmas, dan Pendidikan Pemilih, Endang Sari, membenarkan wacana pelaksanaan debat kandidat di ibu kota negara.

Menurut Endang, meskipun di dalam ruang debat jumlah peserta dibatasi dan protap Covid diperketat, tetapi tidak ada yang bisa menjamin kerumunan massa di luar ruangan.

Mengingat, momen politik memang selalu berkaitan erat dengan para pendukung dan loyalis. Sehingga, hal-hal yang sifatnya berpeluang mengumpulkan massa dalam jumlah besar harus diantisipasi sedini mungkin.

”Kita harus perhatikan protokol Covid-19. Walaupun ada pembatasan jumlah yang hadir di debat pubilk, tapi bagaimana dengan di luar lokasi debat,” beber Endang.

Lebih lanjut Endang mengatakan, alasan debat kandidat ketiga tidak dilangsungkan di Jakarta karena alasan persiapan teknis.

Diketahui, debat kandidat ketiga dijadwalkan berlangsung pada tanggal (4/12/2020). Waktu tersebut hanya berjarak lima hari dari hari pemungutan suara yang jauh-jauh hari sudah diputuskan berlangsung pada tanggal (9/12/2020) mendatang.

BACA JUGA :  Debat Ketiga Dipastikan Berlangsung di Luar Makassar

Sehingga, KPU butuh mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pemilihan di lapangan, seperti memaksimalkan persiapan di TPS, distribusi logistik, dan berbagai persiapan lainnya.

“Kami di KPU Makassar harus konsentrasi penuh untuk persiapan TPS, distribusi logistik, undangan pemilih, dan lain-lainnya. Itulah kenapa debat ketiga kita gelar di Makassar,” jelas Endang.

Selain kesibukan teknis KPU di lapangan, faktor waktu yang sangat mepet dan kerawanan bila membawa psalon ke Jakarta, juga menjadi salah satu penyebabnya. Sehingga pelaksanaan debat ketiga di Makassar menjadi opsi yang dianggap paling tepat.

“Karena riskan bila membawa kandidat ke Jakarta, sementara waktu pemilihan tersisa beberapa hari lagi,” tutup Endang.

spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3