BerandaPolitikKPU Parepare Gelar Sosialisasi Penanganan Covid19 untuk Internal

KPU Parepare Gelar Sosialisasi Penanganan Covid19 untuk Internal

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELKSPRES.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare, menggelar sosialisasi Penanganan Covid-19 di Cafe and Resto Teras Empang, Senin (30/11/2020).

Hadir sebagai pemateri, Sekretaris Daerah Parepare, Iwan Asaad. Kegiatan tersebut diikuti pihak internal KPU sebagai peserta.

Ketua KPU Parepare, Hasruddin Husein mengatakan, sosialisasi tersebut dalam rangka memberikan pemahaman kepada internal terkait Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 31 Tahun 2020, tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid 19 di Kota Parepare.

“Sementara dalam satker KPU, juga dituntut agar mampu memberikan informasi terkait Covid. Untuk itu, kami menggandeng Pemkot dalam hal ini sekot dan tim gugus untuk menjabarkan terkait kebijakan tentang Covid,” katanya.

Melalui kegiatan tersebut, tambah Hasruddin, diharapkan lingkup satker KPU Parepare dapat lebih memahami terkait kebijakan pemerintah tentang regulasi penerapan perwali, kaitannya dengan perkantor yang harus memahami prosedur penanggulangan Covid.

Kegiatan tersebut, kata Hasruddin lagi, juga bagian dari proses bagi KPU dalam mempersiapkan diri, jika nantinya Pilkada ke depannya harus digelar di tengah pandemi.

“Karena kita tidak tahu sampai kapan masa pandemi terjadi. Namun pada prinsipnya, KPU Parepare siap. Aturan dan regulasi terkait pilkasa di tengah pandemi, telah kami pahami,” jelasnya.

Sementara, Iwan Asaad dalam kesempatan tersebut memaparkan secara singkat dan umum kondisi data penanganan Covid-19 yang ditangani RSUD Andi Makkasau Parepare, maupun yang ditangani Tim Gugus.

“Ada 2 kelurahan yang belum ada warganya positif Watang Bacukiki dan Lemoe, dan paling banyak berada di Kecamatan Soreang. Dari segi usia rentan usia yang warga yang positif antara 20-44 tahun, untuk pekerjaan atau profesi didominasi oleh IRT, wiraswasta dan ASN,” paparnya.

Mantan Kadiskominfo tersebut menegaskan, KPU perlu mewaspadai dan memperhatikan kondisi tersebut secara bersama-sama. Terlebih, lanjut dia, Parepare masih berada dalam zona orange untuk empat kecamatan secara merta.

“Nanti stabil jika selama 14 hari positif 0 secara berturut-turut, kalau terputus maka belum bisa,” ujarnya.

Iwan yang juga mantan Kepala Bappeda tersebut menambahkan, KPU Parepare diharapkan untuk mengubah bentuk pertemuan yang melibatkan banyak perserta.

“Selain itu, Satgas Covid-19 KPU Parepare juga diharapkan senantiasa berkoordinasi dengan Tim Gugus Kota,” tandasnya.

PenulisLuki Amima