22 C
Makassar
Jumat, Juli 30, 2021
BerandaDaerahLACAK Masuk 10 Besar Inovasi Tingkat Parepare, Tim LAN Lakukan Validasi Lapangan

LACAK Masuk 10 Besar Inovasi Tingkat Parepare, Tim LAN Lakukan Validasi Lapangan

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKPRES.COM – Inovasi Layanan Aplikasi Cek Data Keluarga Penerima Manfaat (LACAK) dari Pemerintah Kecamatan Bacukiki, masuk dalam top 10 Inovasi tingkat Kota Parepare Tahun 2019.

Sebelumnya, Inovasi LACAK Bacukiki lolos dalam penilaian portofolio, dan telah dilakukan presentasi maupun wawacara dihadapan tim panelis Lomba Inovasi Daerah Tingkat Kota Parepare beberapa waktu lalu, di Ruang Data Kantor Walikota Parepare.

Setelah penetapan, tim penilai dan validasi lapangan dari LAN Makassar, mengunjungi Kecamatan Bacukiki, untuk melakukan validasi, Rabu (18/12/2019).

Tim penilai validasi lapangan diterima langsung Camat Bacukiki, Saharuddin, didampingi pejabat struktural kecamatan, operator LACAK dari kelurahan, serta perwakilan unsur masyarakat yaitu ketua RW, dan perwakilan masyarakat penerima manfaat di Kecamatan Bacukiki.

Saharuddin mengatakan, LACAK merupakan inovasi dan terobosan yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Bacukiki, sebagai upaya dan langkah dalam meminimalisir bantuan yang tidak tepat sasaran.

BACA: Irwasum Polri Apresiasi Sulsel Bergerak Cepat Berantas Pungli

BACA: Sulsel Jadi Contoh Pemberantas Pungli

“Tentunya, kami mengambil peran agar penyaluran bantuan lebih tepat sasaran, supaya betul-betul diterima oleh masyarakat yang menerima bantuan. Karena, kecamatan dan kelurahan menjadi pintu awal masuknya usulan-usulan masyarakat misalnya melalui Musrenbang,” jelasnya.

Saharuddin menjelaskan, dengan hadirnya LACAK, diharapkan dapat memperkuat fungsi kontrol dan pengawasan terhadap para Keluarga Pnerima Manfaat (KPM) program pengentasan kemiskinan.

“Harapan kami output dari aplikasi ini dapat menjadi salah satu bahan pengambil kebijakan Pemeritah Kota Parepare, melalui SKPD teknis dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Soal Surat Pernyataan yang Beredar di Medsos, Pemkot Parepare Bentuk Tim Hukum

Sementara, Kasi Ekonomi dan Kesra Kecamatan Bacukiki, Ita Purnamasari yang juga inovator LACAK memaparkan, Keseluruhan proses pelaksanaan inovasi LACAK memiliki keunikan tersendiri. LACAK, berfungsi sebagai bank data yang berisi informasi para KPM, dan nantinya Pemerintah Kecamatan juga akan bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Parepare, untuk mengecek data kependudukan dari para keluarga penerima manfaat.

BACA JUGA :  Pengantian Jaga Pasukan Tubarani Jadi Upaya Pemkab Gowa Lestarikan Budaya

“Upaya ini dilakukan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya adminduk. Tidak hanya itu, data ini juga memiliki beberapa manfaat lainnya yang dapat digunakan oleh SKPD terkait, dalam rangka penentuan programnya. Tentunya, yang diharapkan dengan hadirnya LACAK ini sebagai langkah kecil yang dilakukan pemerintah kecamatan dengan kepedulian yang besar,” tandasnya.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

- Advertisment -