25 C
Makassar
Kamis, Desember 2, 2021
BerandaHeadlineLagi, PKS Sentil Menhan Prabowo Subianto

Lagi, PKS Sentil Menhan Prabowo Subianto

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Kehangatan hubungan politik Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan Prabowo Subianto benar-benar tak seperti dulu lagi.

Kemesraan keduanya berakhir usai Pilpres dan Prabowo yang sebelumnya didukung PKS memtuskan bergabung dengan kubu Presiden Jokowi.

Kali ini, PKS menyentil rutinitas kunjungan Prabowo keluar negeri usai menjabat sebagai Mentri Pertahanan. PKS mengingatkan Prabowo terhadap pesan Presiden Jokowi agar pejabatnya untuk mengurangi kunjungan keluar negeri.

“Pertama, Pak Jokowi saat 16 Agustus 2019 lalu sudah mengingatkan agar meminimalkan kunjungan ke LN. Bahkan secara demonstratif beliau menunjukkan via handphonenya kunjungan LN bisa melalui handphone. Dunia sudah terkoneksi,” kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada wartawan, Kamis (16/1/2020) malam dikutip dari Detikcom.

Mardani mempersilakan Prabowo untuk kunjungan ke luar negeri, namun Mardani mengingatkan kepastian investasi usai kunjungan tersebut. Dia juga mengatakan diperlukan transparansi dari kunjugan ke luar negeri tersebut.

“Kedua, kunjungan ke LN monggo saja dilakukan tetapi mesti dipastikan return on investmentnya jauh lebih baik. Dan semua perlu disampaikan pada publik secara transparan,” ujar Mardani.

Mardani juga mengingatkan kepada Prabowo sebagai pejabat publik yang melakukan kunjungan ke luar negeri harus siap mendapat pengawasan dari masyarakat. Sebab, uang yang digunakan kunjungan ke luar negeri berasal dari masyarakat.

“Ketiga, semua pejabat publik mesti siap untuk mendapat pengawasan dari publik. Karena dana yang digunakan memang dana masyarakat,” Ujarnya.

Sebelumnya, PKS juga pernah mengkritik keras Prabowo Subianto atas klaim sepihak China di wilayah Zone Ekonomi Ekslusif Indonesia di laut Natuna.

Prabowo oleh PKS dinilai lembek dalam mengambil sikap. Dia dianggap menganggap enteng persoalan kedaulatan bangsa.

“Pak Prabowo sebagai Menhan tidak boleh anggap isu kedaulatan sebagai isu yang enteng, santai. Sikapnya harus tegas dan punya wibawa. Kalau lembek, santai santai, maka bangsa ini akan semakin direndahkan oleh bangsa lain karena tidak punya keberanian dalam bersikap,” kata Jubir PKS, Muhammad Kholid dilansir dari situs resmi PKS, (4/1/2020).

BACA JUGA :  Dunia Hadapi Pandemi, Retno Tegaskan Multilateralisme Tetap Solusi Terbaik

Dilansir dari Detikcom, Menteri Pertahanan Prabowo kerap ke luar negeri sejak dilantik pada 23 Oktober 2019. Prabowo telah berkunjung ke 7 negara sejak dilantik. Prabowo telah mengunjungi Malaysia, Thailand, Turki, China, Jepang, Filipina dan terbaru Prancis.

(*)

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.356,7
EUR
16.300,6
JPY
127,3
KRW
12,2
MYR
3.416,2
SGD
10.545,2