25 C
Makassar
Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaDaerahLahan Pertanian di Kampung Marobo Palopo Rusak Parah Akibat Banjir Bandang

Lahan Pertanian di Kampung Marobo Palopo Rusak Parah Akibat Banjir Bandang

- Advertisement -

PALOPO, SULSELEKSPRES.COM – Banjir bandang melanda beberapa kelurahan di Kota Palopo, Sulawesi Selatan pada Sabtu (30/10). Banjir ini mengakibatkan sejumlah warga mesti mengungsi ke rumah ibadah.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palopo, banjir bandang terjadi di empat kelurahan di KecamatanTelluwanua. Keempat kelurahan tersebut yakni Pentojangan, Jaya, Sumarambu, dan Salubattang.

“Warga mengungsi ke Masjid Nurul Ikhlas yang berada di Kelurahan Jaya. Petugas di lapangan masih melakukan pendataan terhadap warganya yang berada di tempat itu,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya, Minggu (31/10/2021).

BACA JUGA :  Cegah Penyebaran Covid-19, Walikota Palopo Edarkan Imbauan Larangan Open House

Abdul menuturkan, BPBD Kota Palopo bersama aparat kelurahan dan pihak lainnya masih melakukan proses evakuasi warga, khususnya kelompok rentan.

Selain mendata warga yang terdampak, petugas juga masih mendata kerugian material akibat banjir bandang tersebut.

Lebih lanjut, perkiraan cuaca menyebutkan masih ada potensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Telluwana hingga Minggu (31/10). Karenanya, warga diimbau tetap waspada terhadap potensi hujan di wilayah hulu.

Sementara itu, lahan persawahan, perkebunan dan pemukiman warga di Kampung Marobo, Kelurahan Salu Battang terendam banjir.
Menurut warga setempat, Titi Aprilia mengatakan bahwa lahan pertanian warga banyak yang rusak akibat banjir bandang.

BACA JUGA :  Tokoh Agama Tagih Janji SYL ke Nurdin Abdullah

“Air setinggi lutut (orang dewasa) didaerah kami, kalau di daerah lain tidak tau kedalaman air bagaimana. Banyak lahan pertanian tenggelam, terutama kebun dan sawah,”ujarnya kepada sulselekspres via Whatsapp.

Akibat banjir tersebut, puluhan unit rumah warga tergenang banjir termasuk puluhan hektar perkebunan cokelat dan persawahan ikut terendm banjir, namu tidak ada korban dalam kejadian tersebut.

spot_img
spot_img

Headline