BerandaEdukasiMAN 1 Bulukumba Gelar PAT Berbasis Google Form

MAN 1 Bulukumba Gelar PAT Berbasis Google Form

- Advertisement -

BULUKUMBA, SULSELEKSPRES.COM – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bulukumba menggelar Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk kelas X dan XI berbasis google form, yang digelar selama 10 hari di Madrasah tersebut pada awal Juni 2021 ini.

Sekretaris Panitia PAT MAN 1 Bulukumba Rahmat Andika menyampaikan penggunakan Google form pada pelaksanaan ujian ini dalam merespon era revolusi 4.0 dan menghadapi masa-masa pandemi Covid-19.

“Google Form merupakan fasilitas yang dapat dimanfaatkan guru untuk membuat evaluasi belajar siswa yan mudah, praktis, dan efektif dan situasi yang masih dalam pandemi covid,” katanya, Jumat (4/6/2021).

Guru MAN 1 Bulukumba Andi Tasmira juga menyampaikan penggunaan teknologi dalam pelaksanaan PAT ini sangat efektif aplikatif bagi guru dan siswa selama masa pandemik.

Iapun menjelaskan jauh sebelum pelaksanaan PAT, MAN 1 Bulukumba telah merespon digitalisasi pembelajaran sejak beberapa tahun terakhir terutama pula dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh ditahun 2020-2021 ini.

“MAN 1 Bulukumba memberlakukan pembelajaran menggunakan berbagai moda platform digital, hal ini merupakan ikhtiar meningkatkan kapasitas, komptensi guru dan siswa menghadapi sejumlah tantangan yang ada,” jelas Tasmira.

Google drive merupakan platform lengkap yang mengintegrasikan fitur pembuatan dokumen, spreadsheet untuk pengolahan data, dan bahkan kuis untuk pembuatan soal ujian dalam bentuk google formulir. Dengan adanya fitur ini tentunya akan sangat membantu guru dalam melakukan evaluasi materi-materi yang telah disampaikan ke peserta didik.

“Depan aplikasi ini tak perlu lagi koreksi lembar jawaban siswa satu persatu. Selain itu ulangan lebih praktis, bahkan siswa bisa mengikuti ujian kapan saja dan di mana saja. Siswa juga lebih senang dan bersemangat karena setelah selesai ujian langsung bisa mengetahui perolehan nilai dan dapat guru dapat menganalisis dengan mudah,” tandas Syarifuddin, Kepala MAN 1 Bulukumba.

400 lebih siswa mengikuti pelaksanaan ujian ini dengan melibatkan seluruh civitas akademika MAN 1 Bulukumba dalam mensukseskan PAT di madrasah tertua di Bulukumba tersebut.