23 C
Makassar
Senin, Maret 8, 2021
Beranda Edukasi Mandala Majapahit Unhas Mencari Hubungan Sejarah di Sulsel

Mandala Majapahit Unhas Mencari Hubungan Sejarah di Sulsel

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Mandala Majapahit Unhas yang diresmikan pada 2018, diperuntukkan bagi masyarakat umum, agar bisa mengetahui tentang hubungan Majapahit dengan Sulawesi Selatan.

Menurut Andi Oddang, Koordinator Mandala Majapahit Unhas, pihaknya membuat pangkalan data, hubungan masa lalu, karena sudah ada beberapa hubungan Luwu, Bantaeng, Selayar, bahkan di buku Kertagama sudah dibukukan.

“Program akan datang adalah mencari hubungan Majapahit dengan kerajaan tertua di Sulsel,seperti Bone, Gowa. Sudah dapat beberapa di Sulbar, melalui studi pustaka. Kalau sudah kumpul manuskrip, akan observasi ke lapangan, setelah itu eskavasi (pelengkap),” ujar Oddang.

Sementara itu, beberapa perangkat sejarh yang bisa dijumpai di Mandala Majapahit, yakni Artefak, miniatur, hibah dari BPCB Jatim, figur manusia, ornamer rumah tradisional majapahit, grabah, tempat dua, uang, keramik, tutup kendi.

“Beberapa meruapakan hasil galian, ada dari masyarakan, ada eskavasi BPCB, Pusat informasi Majapahit,” jelas Oddang.

Sekadar dikethui Mandal Majapahit ini yayasan Arsari Joyo Hadikusumo, dengan Direktur Eksekutif Mandala Majapahit se-Indonesia, Catrini Pratihari Kubontubu, melalui dan Koordinator bidang Budaya M. hasbiyansyah Zulfahri.

Selain di Unhas, Mandala ini juga terdapat di UGM, Mandala Majapahit (Manma) dan Trowulan Mojokerto, Jawa Timur.

Headline