26 C
Makassar
Rabu, Juli 6, 2022
BerandaDaerahMasjid Songkok Recca Bone Mulai Difungsikan

Masjid Songkok Recca Bone Mulai Difungsikan

PenulisYusnadi
- Advertisement -

BONE,SULSELEKSPRES.COM – Bupati Bone DR. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si melaksanakan pemanfaatan perdana Masjid Songkok Recca, yang terletak di Jl Ahmad Yani, Jumat (1/4/2022).

Pemanfaatan masjid tersebut ditandai penyerahan surat ijin operasional oleh Kepala Kemenag Bone kepada Bupati Bone serta diteruskan kepada pengurus masjid songkok recca.

Selain itu juga dirangkaikan shalat jumat pertama di masjid yang menjadi ikon baru kota Bone itu dipadati warga serta dihadiri para Forkopimda Bone dan pejabat teras Pemkab Bone.

“Masjid ini berdiri tanpa bantuan dana APBD murni swadaya dan bantuan serta dukungan dari teman-teman,” jelas Bupati Bone.

Bupati Bone dua periode ini juga mengucapkan selamat menyambut bulan puasa.

“Selamat menyambut bulan suci ramadhan, semoga kita bisa mencanangkan amalan-amalan ibadah serta senantiasa berdoa untuk keamanan, ketentraman daerah kita ini dari bencana dan malapetakanya,” ucap A Fahsar.

Terpisah, salah satu Panitia Pembangunan Masjid Songkok Recca A Yusuf menjelaskan bahwa masjid ini dibangun dengan kubah menyerupai Songkok Recca, sebagai bentuk kearifan lokal Bone

“Songkok Recca telah menjadi warisan budaya tak benda yang diakui oleh pemerintah pusat,” jelas Asisten 3 Setda Bone ini.

Selain itu, kata Yusuf, lantai dan dindingnya dibangun dengan ciri khas masjid Timur Tengah, dengan warna keemasan.

“Di luar masjid juga dikelilingi dengan ukiran-ukiran, yakni ukiran Asmaul Husnah,” bebernya.

spot_img
spot_img

Headline