29 C
Makassar
Rabu, September 23, 2020
Beranda Ragam Mengenali Gejala Bronkitis

Mengenali Gejala Bronkitis

SULSELEKSPRES.COM – Bronkitis adalah peradangan pada selaput bronkial, yaitu saluran pernapasan utama sebagai saluran keluar masuknya udara dari dan ke paru-paru. Peradangan pada bronkus ini akan membuat penderitanya kesulitan bernapas dengan gejala umum sering batuk lendir kental yang dapat berubah warna.

Bronkitis umumnya berkembang dari pilek atau infeksi pernapasan lainnya. Terdapat dua jenis bronkitis, yaitu akut dan kronis. Bronkitis akut adalah jenis yang paling umum atau disebut juga dengan pilek dada. Kondisi ini akan membaik dalam waktu perawatan 7-10 hari. Apabila bronkitis akut kambuh dan berulang, Anda mungkin menderita bronkitis kronis.

Gejala Bronkitis Paling Umum

Gejala penyakit bronkitis yang umum adalah batuk, sulit membersihkan lendir atau dahak saat batuk, dan sesak napas. Gejala lainnya meliputi:

Batuk atau batuk kering secara terus-menerus
Batuk berlendir kental atau dahak berat
Sesak napas
Demam ringan
Menggigil
Sakit tenggorokan
Sakit kepala
Pegal-pegal
Hidung tersumbat
Sinus

Gejala tersebut mungkin berlangsung beberapa hari atau beberapa minggu hingga bulanan bila tidak segera ditangani dengan baik.

Gejala Bronkitis pada Anak

Pada anak, bronkitis umumnya disebabkan oleh virus. Sementara gejala penyakit bronkitis pada anak-anak hampir sama dengan gejala orang dewasa.

Gejalanya meliputi:

Batuk kering
Batuk penuh lendir
Hidung beringus
Tidak enak badan
Panas dingin
Demam ringan
Nyeri dada
Hidung tersumbat
Sakit tenggorokan
Nyeri otot
Mual dan muntah

Gejala pada anak umumnya dirasakan selama 7-14 hari namun dapat berlangsung 3 sampai 4 minggu. Gejala tersebut serupa dengan gejala penyakit umum lainnya, jadi harap segera konsultasi dengan dokter untuk diagnosis yang tepat.

Gejala Bronkitis Akut

Bronkitis akut adalah jenis bronkitis yang paling umum terjadi akibat infeksi virus atau infeksi bakteri. Bronkitis akut juga mungkin terjadi akibat iritasi dari asap, debu, atau uap tertentu. Gejalanya berlangsung 7 sampai 10 hari atau beberapa minggu, meliputi:

Batuk

Gejala penyakit bronkitis yang paling khas adalah batuk. Awalnya, Anda akan mengalami batuk kering biasa. Saat bronkus semakin meradang dan membengkak, Anda akan mengalami batuk lendir dan diikuti gejala umum lainnya.

Lendir
Batuk berlendir atau ingus mulai tampak putih. Lendir dapat berubah warna dari putih menjadi kehijauan atau kuning. Lendir ini menjadi tanda bahwa Anda mengalami bronkitis akibat infeksi bakteri dimana sel-sel yang berkaitan dengan peradangan juga menginfeksi saluran pernapasan.

Sementara itu, gejala lainnya meliputi:

Sesak napas
Nyeri dada
Sakit kepala ringan
Demam
Badan terasa nyeri
Gejala bronkitis akut biasanya mereda setelah 7 sampai 10 hari dalam perawatan yang efektif, tetapi Anda mungkin masih batuk selama beberapa minggu.

Gejala Bronkitis Kronis

Penderita bronkitis akut secara terus-menerus dapat mengembangkan penyakitnya menjadi bronkitis kronis. Bronkitis kronis memiliki gejala yang mirip dengan bronkitis akut, namun gejala tersebut berkelanjutan atau kambuh setiap hari. Kondisi ini dapat berlangsung setidaknya 3 bulan dalam setahun hingga 2 tahun atau lebih secara berturut-turut.

Berdasarkan laporan dari National Library of Medicine, bronkitis kronis termasuk dalam chronic obstructive pulmonary disease (COPD) atau Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Kondisi ini terjadi akibat bronkus memproduksi terlalu banyak lendir yang akan hilang atau kambuh lagi.(Sumber: DokterSehat)

Headline

Saudi Bertahap Buka Umrah, Kemenag Tunggu Rilis Izin Masuk

​SULSELEKSPRES.COM - Kerajaan Arab Saudi secara bertahap akan kembali membuka penyelenggaraan ibadah umrah. Diawali dengan izin terbatas bagi warga negara dan ekspatriat yang tinggal...

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unimerz Jalani Akreditasi

SULSELEKSPRES.COM - Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Megarezky (Unimerz) Makassar, menjalani akreditasi secara virtual. Pandemi Covid 19 menyebabkan kegiatan akreditasi program studi...

Unimerz-Pemprov Sulsel Kerja Sama di Sektor Penelitian dan Pengembangan

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyepakati kerja sama di bidang Penelitian dan Pengembangan. Kesepakatan kerjasama ini ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman...

Ketua KKT Jeneponto Satukan Shaf di Barisan Sombere

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Ketua Kerukunan Keluarga Turatea (KKT) Jeneponto, H Alimuddin, menyampaikan bahwa seluruh warga Jeneponto yang bermukim di Kota Makassar siap memilih Deng...