24 C
Makassar
Minggu, April 11, 2021
BerandaHeadlineMengintip Peluang PSM Lolos Perempat Final Usai Imbang Lawan Bhayangkara Solo FC

Mengintip Peluang PSM Lolos Perempat Final Usai Imbang Lawan Bhayangkara Solo FC

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – PSM Makassar masih memiliki peluang bagus untuk lolos ke babak perempat final ajang kompetisi pra musim sepakbola Indonesia, Piala Menpora 2021.

Saat ini Juku Eja masih memimpin klasemen grup B Piala Menpora 2021 setelah bermain imbang 1-1 kontra Bhayangkara Solo FC, di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (27/3/2021) sore.

Berkat hasil imbang ini, PSM mengoleksi empat poin sementara, sama dengan Bhayangkara Solo FC. Hanya saja, PSM unggul produktifitas gol atas Bhayangkara FC.

Jika dilihat dari atas kertas, PSM makasaar menjadi tim yang paling favorit lolos ke babak perempat final, sekalipun ia datang dengan status underdog.

Komposisi pemain lokalnya diprediksi sedang dalam kondisi on fire menyambut laga terakhir kontra Borneo FC. Bukan tanpa alasan, secara mengejutkan PSM sukses menjungkalkan tim favorit juara, Persija Jakarta, di laga perdana lewat skor mencolok 2-0.

Sementara di laga terakhir, Borneo FC seharusnya menjadi lawan yang bisa ditaklukkan. Sebab, tim Pulau Kalimantan itu juga terjungkal di laga perdana usai dibekuk oleh Bhayangkara FC.

keuntungan lain PSM ditambah dengan bertemunya dua tim favorit grup B di laga terakhir, Bhayangkara Solo FC dan Persija Jakarta.

Berikut ulasan peluang lolos PSM ke perempat final jika mereka menang, kalah, ataupun imbang :

1. Menang
Jika PSM berhasil menang laga terakhir, secara otomatis ia bakal lolos sebagai jawara grup. Dengan catatan, Bhayangkara FC menang tipis atas Persija Jakarta di partai terakhir dan produktivitas gol nya tidak melebihi PSM Makassar.

Jika Bhayangkara bermain imbang, maka secara otomatis PSM akan keluar sebagai jawara grup, terlebih lagi jika Persija berhasil menang.

2. Imbang
Jika PSM bermain imbang di laga terakhir kontra Borneo FC, maka ada dua kemungkinan mereka bisa lolos.

Pertama, Bhayangkara FC harus kalah dari Persija, dan Persija harus kalah di laga kedua kontra Borneo FC malam ini. Selain itu, jika Persija menang atas Borneo FC, dan menang lagi lawan Bhayangkara FC, maka PSM akan lolos sebagai runner up.

Kedua, Bhayangkara juga harus bermain imbang lawan Persija Jakarta di laga terakhir. Jika hal ini terjadi, maka PSM makassar tetap lolos dengan status juara grup.

3. Kalah
Jika PSM kalah di laga terakhir kontra Borneo FC, maka pilihannya untuk lolos ke perempat final hanya bergantung dengan hasil partai lain, yang melibatkan Bhayangkara FC kontra Persija Jakarta.

Jika Bhayangkara menang, maka PSM akan lolos sebagai runner up. Jika Bhayangkara kalah dan Persija menang di laga kontra Borneo FC malam ini, PSM juga akan lolos sebagai runner up grup.

Kalau Borneo menang di laga kedua kontra Persija, dan Bayangkara menang atau imbang di laga terakhir, maka PSM makasaar tidak akan lolos ke babak selanjutnya.

Dengan begitu, satu-satunya jalan aman PSM untuk lolos ke babak perempat final dengan cara menang di laga terakhir.

Penulis : Widyawan Setiadi

- Advertisment -

Headline