25 C
Makassar
Senin, Juni 27, 2022
BerandaDaerahMensos Bantu Suku Badui Rp100 Juta untuk Perbaikan Jalan

Mensos Bantu Suku Badui Rp100 Juta untuk Perbaikan Jalan

PenulisM. Syawal
- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan bantuan sebesar Rp100 juta kepada warga Suku Badui. Bantuan tersebut diberikan untuk memperbaiki akses jalan.

Mensos memberikan bantuan tersebut saat tengah berdialog dengan salah satu tokoh dari suku Badui. Risma yang saat itu membuka perbincangan kemudian menanyakan apa yang bisa dibantu dalam waktu singkat tersebut.

“Kira-kira apa yang bisa dibantu,” kata, Risma saat menyapa warga Suku Badui, Desa Kanekes, Kabupaten Lebak, Jumat 22 Januari 2022.

Pertanyaan tersebut kemudian ditanggapi oleh salah satu toko Suku Badui yang mengatakan akses menuju kampung Badui berupa jalan setapak dan hanya beralas tanah. Sehingga licin dan berbahaya waktu hujan seperti saat Mensos berkunjung. Kepada Mensos ia mengusulkan sekiranya jalan tersebut bisa diperbaiki.

“Kalau bisa dibantu bu. Kami bisa beli material untuk memperkeras jalan. Supaya lebih nyaman dilintasi warga,” ungkap salah satu toko Suku Badui, Jaro.

Mensos pun kemudian mempertanyakan berapa biaya yang dibutuhkan untuk setidaknya memperbaiki jalan atau akses menuju kampung Suku Badui tersebut. Namun, Jaro belum bisa memperkirakan biaya saat ditanya.

Setelah berdiskusi sebentar dengan staf, Risma kemudian menyerahkan bingkisan dalam kantung plastik kepada Jaro. Di hadapan para tokoh, pejabat pemerintah yang hadir, dan warga kampung Badui, Jaro membuka isi tas. Tak disangka tas berisi uang bantuan tersebut, nilainya Rp100 juta.

Mendapatkan bantuan tersebut Para tokoh Baduy seperti Jaro dan Mursid menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mensos atas bantuan yang telah diberikan.

“Terima kasih atas bantuan ibu. Sudah jauh-jauh datang dari Jakarta ke kampung Baduy. Sampai di sini memberikan bantuan,” katanya.

Sebelumnya, Kemensos juga memberikan bantuan pembangunan rumah setelah insiden kebakaran yang melanda pemukiman mereka pada Oktober 2021 dan menghanguskan 24 rumah warga. Bahkan Kemensos menggelontorkan bantuan sebesar total Rp1.001.000.000 untuk itu.

spot_img
spot_img

Headline