23 C
Makassar
Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaEdukasiMenuju Akreditasi Ugggul, Prodi Keperawatan Unimerz Lokakarya Kurikulum

Menuju Akreditasi Ugggul, Prodi Keperawatan Unimerz Lokakarya Kurikulum

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Prodi S1 Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Keperawaatan dan Kebidanan (FKK) Universitas Megarezky (Unimerz) terus berbenah dalam membangun kualitas pendidikan.

Setelah sukses meraih hasil reakreditasi dengan nilai ‘Baik Sekali’ dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes), Tim Dosen Prodi tersebut kembali mengambil langkah strategi mengejar akreditasi unggul.

Ketua Prodi S1 Keperawatan, Ns Syaiful mengungkapkan strategi yang dilakukan adalah melakukan Lokakarya Kurikulum AIPNI yang berlangsung secara hybrid.

“Kegiatan diikuti oleh seluruh Dosen Keperawatan serta dipusatkan di Ruang Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Unimerz di Jalan Antang Raya,” ungkap Ns Syaiful, Kamis (6/10/2021).

Diketahui, Kurikulum AIPNI 2021 merupakan pembaharuan terhadap Kurikulum 2016 dan akan mulai diterapkan pada tahun akademik 2021/2022. Namun secara bersamaan juga menerapkan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan memperhatikan kebutuhan stakeholder.

Menurut Syaiful, perbedaan mendasar pada kurikulum itu adalah jumlah semester untuk mencapai gelar Sarjana Keperawatan dan Ners, butuh minimal 5 tahun atau 10 semester. Kurikulum yang baru ini, bisa lebih cepat, yakni untuk program sarjana hanya 7 semester dan profesi 2 semester.

“Launchingnya kurikulum AIPNI 2021 tentu Prodi Pendidikan profesi Ners harus terus update dan berbenah. Semoga dengan Lokakarya Kurikulum ini visi misi kami bisa terwujud menjadi program studi yang unggul di bidang keperawatan komunitas (home care) berbasis teknologi,” jelas Syaiful.

Dekan FKK Unimerz, Syamsuriyati, mengatakan untuk menuju akreditasi unggul, tentu Prodi harus banyak berbenah terutama dalam peningkatan kapasitas SDM, serta mendorong untuk lanjut studi pada jenjang Doktoral linear minimal 5 orang.

 

BACA JUGA :  SMK Mega Rezky Jadi Sekolah Pertama Jalin Kerja Sama dengan Jepang
BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.064,5
EUR
16.313,5
JPY
123,0
KRW
11,9
MYR
3.382,5
SGD
10.430,7