33 C
Makassar
Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaPolitikMinimalisir Potensi Pelanggaran Pemilu 2024, Bawaslu Sulsel Terus Matangkan Persiapan

Minimalisir Potensi Pelanggaran Pemilu 2024, Bawaslu Sulsel Terus Matangkan Persiapan

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi selatan terus mematangkan persiapan kawal Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Berbagai macam kegiatan baik itu sosialisasi maupun konsolidasi terus dilakukan untuk mencegah dan meminimalir potensi pelanggaran Pemilu.

Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan HL Arumahi, mengatakan baik dari persiapan teknis hingga persiapan yang bersifat penguatan kelembagaan telah dilakukan sejak jauh hari.

“Berkaitan dengan semua hal, baik sosialisasi pencegaha hingga pengawasan, serta penguatan teknis terkait penanganan pelanggaran dan keterampilan dalam penyelesaian sengketa telah dilakukan di semua level, hal ini demi untuk berjalannya demokrasi dengan baik,” kata Arumahi dalam konferensi pers yang digelar Bawaslu Sulsel di Hotel Aryaduta, Senin (27/6/2022).

Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat (Humas) Bawaslu Sulsel Saiful Jihad selaku pengarah dalam konferensi pers tersebut mengurai sejumlah program yang dilakukan Bawaslu.

“Terkait dengan pencegahan, kami di Bawaslu sudah melakukan sejumlah program, ada Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) yang sudah berjalan dan punya alumni aktif yang tersebar di 24 kabupaten dan kota. Selanjutnya ada program yang khusu menyasar calon pemilih pemula yakni Bawaslu goes to School, serta program pengawasan partisipatif yang melibatkan Perguruan Tinggi, seperti KKN Tematik dan kerjasama dalam hal penelitian dan riset,” papar Saiful Jihad.

Demikian pula dengan penguatan internal yang dikhususkan kepada keterampilan dan pengetahuan seluruh SDM yang ada di Bawaslu untuk mendukung proses kerja Bawaslu.

“Berbagai macam aplikasi yang dapat diakses dengan mudah oleh publik dalam hal teknis penanganan pelanggaran serta teknis pelaporan juga telah disediakan oleh Bawaslu, seperti salah satunya SIGAP Lapor. Semua itu untuk disiapkan untuk menghadapi proses pemilu 2024 mendatang sesuai dengan mekanisme yang telah diatur undang-undang,” jelas Saiful Jihad.

Selain itu, kata Saiful, jika melihat data penanganan pelanggaran Bawaslu Sulsel pada 2019, itu jumlah penanganan yang terbanyak, dengan proses penanganan pelanggaran terbaik di Indonesia. Berangkat dari data itu, tahun ini kami melakukan banyak program pencegahan, untuk menekan potensi seperti yang terjadi di tahun 2019,” kata Saiful Jihad.

Belum lama ini, Bawaslu juga secara resmi telah membuka pendaftaran Pemantau Pemilu 2024 yang ditandai dengan peluncuran Meja Layanan Pemantau Pemilu 2024 pada 10 Juni lalu. Seperti Namanya, Meja Layanan Pemantau Pemilu 2024 ini akan menjadi sarana yang melayani pemantau pemilu dalam melaksanakan tugas pemantauan pemilu, utamanya yang berhubungan dengan Bawaslu seperti yang diatur dalam perundang-undangan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Koordinator Divisi Organisasi Hasmaniar Bachrun dan Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Asradi,

spot_img

Headline