24 C
Makassar
Kamis, Januari 27, 2022
BerandaDaerahMusim Kemarau, Dokter Spesialis RSUD Himbau Warga Jaga Kesehatan Mata

Musim Kemarau, Dokter Spesialis RSUD Himbau Warga Jaga Kesehatan Mata

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Dokter Spesialis Mata Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe B Andi Makkasau Parepare Kota Parepare, Muliana, menghimbau masyarakat khususnya Parepare, untuk menjaga kesehatan mata selama musim kemarau.

Dia mengatakan, dalam musim kemarau, kondisi panas dan terik matahari mengalami peningkatan. Sehingga, kata dia, menyebabkan lingkungan menjadi lebih kering, dan mengakibatkan debu semakin mudah beterbangan yang dapat meningkatkan risiko timbulnya beberapa penyakit, seperti kekeringan dan iritasi pada mata.

BACA: Tingkatkan Pelayanan, RSUD Tambah Sarana Perawatan

“Jadi, untuk menjaga mata kering, memerah, infeksi serta luka, kami sarankan kepada masyarakat, jika akan keluar rumah sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata agar tetap terhindar dari panas maupun debu,” katanya, Selasa (16/07/2019).

Dia menjelaskan, untuk tetap menjaga kesehatan mata saat musim kemarau, disarankan memperbanyak mengonsumsi buah-buahan seperti buah naga, anggur, tomat, dan sayur-sayuran hijau, khususnya mengonsumsi vitamin A dan C.

“Tips lainnya yakni setidaknya kedipkan mata untuk membasahi kelopak mata 10 sampai 15 kali permenit,” ujarnya.

Dia membeberkan, dalam sebulan ini sudah lima kasus infeksi mata yang diakibatkan mata kering terkena debu, dan infeksi karena memegang mata saat tangan tidak higienis.

“Bahkan, ada pasien saat ini menjalani perawatan karena pengunaan softlens mata yang tidak higienis,” pungkasnya.

Penulis : Luki Amima

BACA JUGA :  Tenaga Medis dan Kamar Isolasi di RSUD Andi Makkasau Dipastikan Aman
BACA JUGA
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6