BerandaMetropolisNA Didaulat Sebagai Narasumber Indonesia Outlook 2021 Bersama Ganjar Pranowo dan RK

NA Didaulat Sebagai Narasumber Indonesia Outlook 2021 Bersama Ganjar Pranowo dan RK

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Dr. Drs. Safrizal ZA, menilai, sangat tepat menggandeng tiga gubernur top Indonesia dalam acara Indonesia Outlook 2021.

“Tempo media group sudah sangat tepat menjadikan tiga gubernur top di Indonesia sebagai narasumber di Indonesia outlook 2021,” kata Safrizal, Senin (7/12/2020).

Tema mewujudkan Indonesia maju 2021 ini diketahui mengundang secara khusus Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK).

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, menyampaikan, kegiatan Indonesia Outlook 2021 adalah sebuah momentum untuk menyampaikan program dan konsep kolaborasi pemerintah provinsi dengan kabupaten kota.

“Kita di Sulsel mendorong dan mengoptimalkan inovasi-inovasi baik dalam hal pelayanan maupun dalam hal pemanfaatan potensi daerah. Saya kira sudah menjadi rahasia umum persoalan sinergi dan kolaborasi ini tentu menjadi kebutuhan kita kedepan,” jelas Nurdin Abdullah.

Ia mengungkapkan, 10 tahun menjadi bupati, memang cara pandang birokrasi harus memberikan pemahaman kepada teman-teman Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pemerintah kabupaten kota mengenai penggunaan anggaran.

“APBD itu bukan untuk dihabiskan, tapi bagaimana satu rupiah pun bisa menghasilkan. Kedua, dalam pemerintahan saya kira kita tidak bisa lagi melanjutkan pola-pola pemerintahan yang bergantung kepada aktor, tetapi bagaimana kita membangun pemerintahan yang by sistem,” ujarnya.

“Saya di Provinsi Sulawesi Selatan, Alhamdulillah bagaimana kita bersama-sama dengan seluruh bupati/walikota untuk membangun langkah yang sama, visi yang sama dalam rangka mendorong percepatan pembangunan Sulsel. Kami menyadari betul posisi pemerintah provinsi adalah wakil pemerintah pusat di daerah,” imbuhnya.