BerandaDaerahPemkab Bone Dapat Restu Buka Pendaftaran CPNS dan PPPK

Pemkab Bone Dapat Restu Buka Pendaftaran CPNS dan PPPK

- Advertisement -

BONE,SULSELEKSPRES.COM – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) membuka kembali seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2021.

Bahkan, bukan hanya penerimaan CPNS. Namun, juga formasi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk masing-masing daerah di Indonesia. Salah satunya  Pemerintah Kabupaten Bone kali ini  mendapatkan restu untuk menerima.

Kepala BKPSDM Bone Andi Fajaruddin mengatakan Pemerintah Daerah Bone mendapatkan kuota 211 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021.

“Formasi CPNS kita terima 211. Terdiri 148 formasi tenaga kesehatan dan 63 formasi tenaga teknis,”ungkapnya, Selasa (11/5/2021).

Selain kouta CPNS kata A Fajar, Bone juga mendapatkan kouta untuk PPPK guru.

“Jumlah kuotanya ada 3.491, Jumlah ini naik drastis dibanding tahun sebelumnya yang hanya 492 saja,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Bone, Rahman menyebutkan penerimaan CPNS dan P3K pada tahun ini, Pemkab Bone menerima kuota CPNS sebanyak 211 formasi terdiri dari 148 tenaga kesehatan dan 63 tenaga teknis.

Sedangkan kuota pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak P3K Guru mendapatkan jatah sebanyak tiga ribu 491 formasi.

“Jumlah formasi CPNS dan PPPK Guru tahun ini untuk Kabupaten Bone terbilang besar dibandingkan dengan kuota daerah lainnya di sulsel yang rata-rata dibawah 200 formasi khusus cpns dan tiga ribu untuk P3K guru,” Jelas Rahman.

Namun, untuk formasi CPNS yang diterima Bone mengalami pengurangan dari usulan yang diajukan sebelumnya sebanyak 300 formasi, sedangkan formasi khusus PPPK Guru mengalami penambahan dari usulan yang diajukan sebelumnya dari tiga ribu menjadi tiga ribu 491 pegawai.

Rahman menambahkan, untuk jadwal seleksi penerimaan CPNS dan PPPK tahun ini, pemerintah pusat telah menyusun jadwal pelaksanaan yang diawali pengumuman seleksi pada 30 Mei mendatang dan disusul 31 Mei pendaftaran seleksi hingga 21 juni 2021.

Sedangkan tahapan seleksi administrasi dimulai 1 hingga 30 Juni, setelah itu tahap masa sanggah 1 hingga 11 Juli dan masuk tahap pelaksanaan seleksi kompetensi dasar SKD cpns dan PPPK non guru mulai Juli hingga September sedangkan PPPK guru terbagi tiga tahap  mulai agustus hingga desember.

Untuk seleksi kompetensi bidang SKB CPNS dijadwal september hingga oktober mendatang dan terakhir tahap pengumuman serta penetapan nomor induk pegawai pada bulan November dan Desember

Diketahui, pada tahun 2019 jumlah formasi untuk Bone ada 153.

PenulisYusnadi