32 C
Makassar
Minggu, Mei 29, 2022
BerandaRagamPemkot Parepare Intens Lakukan Pengawasan Pangan

Pemkot Parepare Intens Lakukan Pengawasan Pangan

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kesehatan mengintensifkan pengawasan pangan di Pasar Rakyat Sumpang Minangae dan beberapa Rumah Produksi Roti Mantau di Kota Parepare.

Pengawasan dan pemantauan tersebut dilakukan bekerjasama dengan Dinas Perdagangan, dan Dinas Ketahanan Pangan yang langsung dipimpin oleh Pelaksana tugas (Plt) Kadis Kesehatan Halwatiah bersama beberapa Tim Fasilitator, Selasa, (09/06/2020).

Plt Kadis Kesehatan Halwatiah menyampaikan, kegiatan ini dilakukan sebagai pemantauan dan pengawasan sekaligus memberikan edukasi kepada para pedagang agar lebih memahami dan mengerti tingkat keamanan pangan yang dijualnya.

“Kami turun ke pasar ini untuk melakukan pemantauan sekaligus memberikan pembinaan langsung kepada para penjual agar sekiranya dapat memahami dan dia bisa mengerti apa yang mereka jual dapat bermanfaat dan tidak berbahaya untuk warga masyarakat, khususnya warga Kota Parepare,” terangnya.

Dari hasil pengawasan tersebut, tambahnya, Tim Fasilitator mengambil sampel makanan yang dibeli sendiri seperti kerupuk yang memakai zat pewarna.

“Beberapa penjual yang kami sampel tadi hanya melihat apakah ada izin BPOM-nya, mengambil sampel makanan selanjutnya kita lakukan pemeriksaan setelah ada hasil kami akan menyampaikan ke para pedagang apakah bisa diteruskan untuk dijual atau tidak,” jelasnya.

Di sela-sela pemantauannya, Halwatiah mengimbau kepada para penjual agar waspada dan teliti melihat makanan dan produk yang dijual, baik taggal kadaluarsa maupun izin BPOM.

Sebelumnya, Sekda Kota Parepare yang menjadi Ketua Pasar Aman Parepare, Iwan Asaad mengatakan, OPD teknis yang tergabung dalam Tim Koordinasi Pengawasan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya ini turun memeriksa pangan di pasar sesuai Tupoksi masing-masing.

“Tujuannya untuk menjamin pangan dan makanan yang dikonsumsi masyarakat bebas dari bahan berbahaya seperti formalin, borax dan rhomamin metyl yellow,” ungkapnya.

spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3