31 C
Makassar
Monday, May 27, 2024
HomeDaerahPJ Bupati Bone Terima Kunjungan Tim Literasi Digital Menkominfo

PJ Bupati Bone Terima Kunjungan Tim Literasi Digital Menkominfo

PenulisYusnadi
- Advertisement -

BONE, SULSELEKSPRES.COM – Pj. Bupati Bone, Andi Islamuddin menerima rombongan Tim Literasi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang diwakili Adhi Ramadhan dari Interforum Convex yang merupakan Pihak Ketiga.

Rombongan tersebut diterima di Ruang Kerja Bupati Bone, Jl. Ahmad Yani, Rabu, (15/05/2024).

Dalam kunjungan tersebut membahas tentang kegiatan Literasi Digital yang akan digelar di Kabupaten Bone, pada tanggal 9 sampai 13 Juni 2024 yang dipusatkan di Alun-Alun Kota Watampone.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir yakni Asisten 1 Setda Pemkab Bone Anwar, Sekretaris Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Bone A. Muslam dengan didampingi Kabid Teknologi Informasi Kominfo dan Persandian Geldy Adhitra Gunawan.

Selain itu, hadir pula dari Komunitas Aliansi Pemuda Penggiat Budaya Kabupaten Bone.

Pj. Bupati Bone, Andi Islamuddin, menyambut baik inisiatif Tim Literasi Digital Kominfo serta menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah daerah, komunitas, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya dalam mewujudkan literasi digital yang inklusif dan berkelanjutan.

“Kami sangat mendukung program ini dan berharap dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Bone,” ucapnya.

Lebih lanjut, Andi Islamuddin mengharapkan dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, kegiatan Literasi Digital ini dapat berjalan sukses dan memberikan manfaat nyata bagi peningkatan kemampuan digital masyarakat Bone.

Ia juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap inisiatif literasi digital yang akan segera diselenggarakan di Kabupaten Bone.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih mendalam kepada masyarakat tentang pemanfaatan teknologi informasi yang tepat guna,” ujarnya.

Menurut, mantan Kepala BKPSDM Bone ini menerangkan kekhawatirannya banyak masyarakat yang saat ini masih kurang memahami bagaimana memanfaatkan teknologi informasi secara efektif.

“Kebanyakan masyarakat kita saat ini hanya menggunakan teknologi untuk media sosial, padahal, potensi teknologi digital jauh lebih luas dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai aspek kehidupan yang lebih produktif,” terangnya.

Dijelaskan Andi Islamuddin, bahwasannya literasi digital ini akan diadakan dengan skala besar dan melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk pelajar, mahasiswa, dan kelompok masyarakat lainnya. Tujuannya adalah untuk memberikan edukasi yang komprehensif mengenai pemanfaatan teknologi informasi secara bijak dan produktif.

“Saya sebagai pemerintah Kabupaten Bone tentu akan memberikan dukungan dan support penuh terhadap kegiatan ini. Kegiatan apa pun yang dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat Bone akan selalu kita dorong dan fasilitasi. Mudah-mudahan kegiatan ini semakin meningkatkan pemahaman masyarakat bagaimana memanfaatkan media sosial dengan lebih baik,” jelas mantan Kepala Inspektorat Daerah ini.

Dengan adanya literasi digital ini, Andi Islamuddin berharap masyarakat Bone tidak hanya menjadi pengguna pasif teknologi, tetapi juga mampu memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas hidup, mengembangkan ekonomi kreatif, dan memperluas jaringan informasi.

“Kegiatan literasi digital ini diharapkan dapat menciptakan masyarakat Bone yang lebih melek teknologi dan mampu bersaing di era digital saat ini. Dukungan pemerintah daerah akan mencakup penyediaan fasilitas, tenaga pengajar, serta berbagai sumber daya lainnya yang diperlukan untuk kesuksesan program ini,” harapnya.

Sementara itu, Adhi Ramadhan mewakili Interforum Convex, memberikan penjelasan mengenai rencana kegiatan Literasi Digital yang akan diselenggarakan di Kabupaten Bone.

Adhi menjelaskan bahwa kegiatan Literasi Digital ini akan menargetkan segmen pendidikan dan komunitas dengan rentang usia 17-65 tahun. Program ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam empat pilar literasi digital.

“Dari empat pilar tersebut yakni Kemampuan Penggunaan Layanan Digital (Digital Skills): Meningkatkan keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan layanan digital secara efektif. Beretika dalam Ruang Digital (Digital Ethics): Menumbuhkan etika dalam berinteraksi di dunia digital. Keamanan Digital (Digital Safety): Meningkatkan kesadaran tentang pentingnya keamanan dalam penggunaan teknologi digital. Membangun Budaya Digital (Digital Culture): serta Mempromosikan budaya digital yang positif dan konstruktif,” jelas Adhi.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Teknologi Informatika, Geldy Adhitra Gunawan, Dinas Kominfo Bone, mengatakan rencana besar yang telah disiapkan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat Kabupaten Bone.

Kata Geldy, kegiatan ini tidak hanya sekadar memberikan edukasi, tetapi juga dirancang untuk menjadi ajang interaktif dan menyenangkan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Ia menyebutkan Literasi digital ini akan diisi berbagai kegiatan di antaranya talkshow, edukasi pemanfaatan teknologi digital, dan stan-stan pameran teknologi. Tidak ketinggalan, acara ini juga akan dimeriahkan oleh artis ibu kota Makassar.

“Rangkaian acara ini bertujuan untuk memperkaya wawasan masyarakat tentang pentingnya literasi digital di era yang semakin canggih ini. Talkshow akan menghadirkan para ahli di bidang teknologi informasi yang akan berbagi ilmu dan pengalaman mereka. Selain itu, sesi edukasi pemanfaatan teknologi digital akan memberikan panduan praktis tentang cara memaksimalkan penggunaan perangkat dan aplikasi digital dalam kehidupan sehari-hari,” sebutnya.

“Stan-stan pameran yang disediakan akan menampilkan berbagai inovasi teknologi terbaru yang dapat diakses oleh masyarakat. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan para inovator dan mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang teknologi yang dipamerkan. Tidak hanya edukatif, acara ini juga akan menjadi ajang hiburan dengan penampilan artis dari ibu kota Makassar yang siap menghibur para peserta. Diharapkan, suasana yang penuh semangat ini dapat menarik minat masyarakat untuk hadir dan berpartisipasi aktif untuk lebih memperkaya wawasannya mengenai literasi digital,” tambah Geldy.

Sekedar diketahui, Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung pada tanggal 9-13 Juni 2024 di Alun-alun Bone, dengan kolaborasi dari Aliansi Pemuda Pegiat Budaya.

Dimana, program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan literasi digital masyarakat Kabupaten Bone, sejalan dengan visi Kominfo untuk menciptakan masyarakat yang lebih melek digital dan siap menghadapi tantangan era digital.

Adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat Kabupaten Bone dapat lebih siap dan tanggap menghadapi perkembangan teknologi yang terus berkembang pesat. Literasi digital yang baik akan menjadi bekal penting bagi masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup dan membuka peluang baru di berbagai bidang.

spot_img

Headline

Populer

spot_img