29 C
Makassar
Selasa, September 21, 2021
BerandaMetropolisPlt Gubernur Sulsel Dukung Pelonggaran PPKM Level 4 Makassar dan Tator

Plt Gubernur Sulsel Dukung Pelonggaran PPKM Level 4 Makassar dan Tator

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mendukung pelonggaran pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Makassar dan Kabupaten Tana Toraja (Tator).

Menurut Sudirman, dengan adanya pelonggaran tersebut setidaknya bisa menjaga stabilitas ekonomi di tengah pandemik COVID-19.

“Ya paling tidak kita sudah bersyukur dengan adanya instruksi presiden untuk membuka pelonggaran sedikit itu sudah luar biasa sekali,” kata Sudirman di Asrama Haji Sudiang, Selasa (27/7/2021).

Pemda Makassar dan Tana Toraja diminta tetap perhatikan pelonggaran

Pada PPKM Level 4 ini, memang pelonggaran itu sangat tampak. Di Kota Makassar, pada PPKM mikro sebelumnya, tempat usaha seperti warkop dan restoran hanya diizinkan buka sampai pukul 17.00 WITA sekarang bisa buka sampai pukul 22.00 WITA.

Tapi di sisi lain, kegiatan untuk pusat perbelanjaan ditutup sementara kecuali akses untuk restoran, supermarket dan pasar swalayan boleh dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Sementara pada PPKM mikro sebelumnya, pusat perbelanjaan boleh buka hingga pukul 17.00 WITA.

“Intinya kan sudah ada pelonggaran. Kita berharap Wali Kota Makassar, Bupati Tana Toraja untuk memperhatikan instruksi terakhir dari Bapak Presiden terkait pelonggaran yang harus dilakukan di tengah penerapan kondisi level 4,” jelas Sudirman.

Pelonggaran dianggap membantu pelaku usaha

Menurut Sudirman, pelonggaran pada PPKM Level 4 ini sedikit banyak akan membantu pelaku usaha yang terdampak PPKM.

“Kan sekarang sudah ada pelonggaran sampai jam 22.00 untuk menjual. Itu sudah sangat membantu sekali,” katanya.

BACA JUGA :  NA Harap Kedewasaan Politik Para Paslon

Meski begitu, dia menginstruksikan kepada pemerintah kabupaten/kota untuk tetap mengintervensi kebijakan tersebut dengan melihat keadaan yang ada.

“Pengusaha pada prinsipnya itu dikasi akses untuk berbisnis, untuk berdagang. Ketika itu dikasih, mereka akan tetap mematuhi protokol selama mereka di kasih akses,” kata Sudirman.

BACA JUGA :  Gugus Tugas Covid-19 Segera Beralih Jadi Satgas

Hanya dua daerah di Sulsel yang terapkan PPKM Level 4

Sudirman pun bersyukur karena PPKM Level 4 tidak diterapkan secara menyeluruh di Sulsel karena sudah ada daerah dengan level 1,2 dan 3.

Namun ke depannya, penerapan sistem level itu nanti menjadi tingkatan RT. Saat ini, pemerintah menggunakan istilah zona untuk menyebut tingkat risiko penularan COVID-19 suatu daerah.

“Kita harap ke depan memberikan masukan ke kementerian mudah-mudahan bisa diterapkan betul-betul statusnya PPKM mikro levelnya di sektor mikro supaya lebih bisa menggeliat sistem ekonomi. Tetap bisa berjalan, tetap bisa tekan angka penyebaran,” kata Sudirman.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.239,5
EUR
16.713,4
JPY
130,0
KRW
12,0
MYR
3.402,9
SGD
10.541,8
BACA JUGA :  Pemprov Sulsel Akan tegas Tertibkan Aset Daerah
- Advertisment -