31 C
Makassar
Selasa, Juli 5, 2022
BerandaHukrimPolisi Tangkap Pelaku Penipuan Penjual Mobil di Medsos

Polisi Tangkap Pelaku Penipuan Penjual Mobil di Medsos

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Polisi berhasil bongkar penipuan penjualan mobil melalui media sosial di kota Makassar. Alhasil, tiga pelaku ditangkap.

Para pelaku melakukan aksinya dengan menggunakan foto dan identitas seorang polisi wanita (Polwan) untuk meyakinkan korbannya.

Penangkapan itu bermula ketika polisi menerima laporan masyarakat bahwa telah tertipu akun penjualan mobil yang menggunakan foto dan identitas seorang polwan. Saat dilakukan penyelidikan, para pelaku di bekuk di dua wilayah yaitu daerah Kabupaten Wajo dan Kabupaten Sidrap.

“Kami dari Jatanras melakukan penyelidikan dan Alhamdulillah berhasil mengamankan beberapa pelaku salah satu pelaku diamankan di Keera di Kabupaten Wajo dan dua di Kabupaten Sidrap,” ujar Kasubnit 2 Jatanras Polrestabes Makassar, Ipda Nasrullah, pada Selasa (23/11/2021).

Berdasarkan interogasi, ketiga pelaku ini memiliki peran yang berbeda-beda yaitu satu sebagai penyedia rekening sedangkan dua lainnya sebagai eksekutor yang akan menipu calon korbannya.

BACA JUGA :  Tak Mampu Bayar Rokok, Pria Asal Palu Diamankan Polisi

Mereka mengakui menggunakan foto dan identitas Polwan yang dicurinya dari media sosial, agar para korban mau mengirim uang pembayaran di depan kemudian mereka memblokir nomornya.

“Modusnya menggunakan akun dan identitas polwan untuk memberikan keyakinan kepada calon korban bahwa betul-betul ada penjualan mobil. Akan tetapi faktanya akun yang dipakai identitas yang dipakai palsu,” kata Nasrullah.

Selain membekuk pelaku, polisi juga turut mengamankan beberapa barang bukti kejahatan. Dari beberapa barang bukti, terdapat juga sebuah HP yang di dalamnya berisikan foto dan identitas polwan yang digunakan.

BACA JUGA :  Pencuri Rp1,2 Miliar Berakhir Di Polres Pelabuhan

“Barang bukti yang kami amankan satu buah laptop, beberapa HP yang berisikan akun media sosial polwan yang digunakan untuk bertransaksi dengan korban,” sebut Nasrullah.

Polisi juga telah mengidentifikasi belasan orang rekan dari komplotan pelaku lainnya di sekitar lokasi ketiga orang ini dibekuk. Anggota juga masih mengejar para pelaku itu yang telah dikantongi identitasnya.

“Ini merupakan komplotan dan kami masih mengejar 13 pelaku lainnya,” sebut Nasrullah.

spot_img
spot_img

Headline