28 C
Makassar
Sabtu, Januari 22, 2022
BerandaMetropolisPos Penyekatan Mudik di Sulsel Disiapkan Tes Antigen

Pos Penyekatan Mudik di Sulsel Disiapkan Tes Antigen

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Provinsi Sulawesi selatan (Sulsel) terus melakukan upaya pencegahan kasus Covid-19. Salah satunya memperketat pos penyekatan arus mudik.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. H. Muhammad Ichsan Mustari optimis bisa menekan angka penularan Covid-19 di Sulsel sekalipun banyak warga yang bandel melakukan mudik.

Kata Ichsan, pihaknya sudah menyediakan rapid antigen di setiap pos perbatadan lintas provinsi. Dinas Kesehatan bekerjasama dengan sejumlah pihak, termasuk TNI, Kepolisian, BPBD, dan sejumlah instansi lain.

”Kita libatkan petugas penyekatan di gerbang perbatasan Provinsi. Yang mau masuk ke Sulsel kita rapid antigen, tapi penerapannya acak, kita pakai random sampling saja,” kata Ichsan, Minggu (16/5/2021).

Sejumlah titik sudah ditentukan, kata Ichsan, setidaknya ada sepuluh titik yang bakal digunakan untuk tes antigen. Hal itu meliputi semua akses kendaraan, baik darat, laut, maupun udara.

”Jalur darat dari Sulbar kita lakukan di perbatasan Pinrang, dari Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara itu kita lakukan di perbatasan Luwu Timur, Siwa, Wajo, dan Bone,” ujar Ichsan.

Untuk jalur udara, semua Bandar Udara (Bandara) difungsikan, baik Bandara Sultan Hasanuddin, maupun Bandara Buntu Kunik, Toraja.

Sementara untuk akses yang menggunakan jalur laut, semua pelabuhan didrop rapid antigen. Pelabuhan Siekarno-Hatta, pelabuhan Pare-pare, pelabuhan Bone, dan sejumlah pelabuhan lainnya.

Tes antigen di perbatasan ini rencananya berlangsung selama dua hari, mulai Minggu 16 Mei hingga Senin (Hari ini).

Target pemeriksaan sendiri sebanyak 50 sampel di setiap titik. Sehingga, secara total jumlah pemeriksaan antigen bagi pihak yang akan masuk ke wilayah Sulawesi Selatan sebanyak 1.000 pemeriksaan.

”Kita target setiap hari di satu titik itu ada 50 pemeriksaan. Itu semua titik, mau itu jalur darat, laut, udara, semuanya diperiksa. Rapid antigennya sudah kita drop ke semua titik itu,” tutupnya.

BACA JUGA :  Covid-19, Pemerintah Siapkan Sistem Informasi Terintegrasi
BACA JUGA

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6