26.3 C
Makassar
Jumat, Mei 14, 2021
BerandaRagamPria Tua Ini Bangun Rumah Bawah Tanah

Pria Tua Ini Bangun Rumah Bawah Tanah

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Zainuddin (54) , salah seorang warga Kabupaten Bone viral di Media Sosial setelah membuat bangunan bawah tanah. Pasalnya, pria paru baya tersebut seorang diri menggali rumah bawah tanah dengan peralatan sederhana.

Menurut informasi, lokasi Zainuddin berada di Dusun Cacae, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Bone. Jaraknya dari Kota Watampone sekira 35 kilometer.

Sedangkah, Rumah Zainuddin, berjarak sekira 2 kilometer di Kantor Desa Awang Cenrana. Kondisi jalan masuk ke rumahnya masih beralaskan tanah.

Zainuddin membuat bangunan di bawah tanah dengan tangannya sendiri, tak ada bantuan dari orang lain. Alat yang digunakan pun sederhana.

Terdapat tangga untuk menuju ruangan tersebut. Ada pula lubang yang diukir terhubung satu sama lain untuk ke suatu ruangan.

Bahkan, ia membuat replika sumur. Ia mempercantik karyanya tersebut dengan memasang rerumputan di bagian pinggir.

Pria disapa Cerang ini berencana membuat kolam ikan dan kandang ayam di sebelah utara rumahnya.

Dikatakan Zainuddin, bangunan bawah tanah yang dibangun masih jauh dari kata rampung.

Ayah satu anak ini membutuhkan semen untuk memperkuat hasil karyanya. Pasalnya, jika hujan turun, terkadang beberapa bangunan bawah tanah yang dibuat ambruk karena kondisi tanah yang agak labil.

Disisi lain, dia belum memiliki uang untuk membeli semen dan kebutuhan lain untuk memperkuat bangunan yang dibuat.

“Kalau hujan saya berhenti kerja. Takutnya ambruk, harus disemen untuk membuatnya kuat. Butuh dana Rp 50 juta. Kalau tidak disemen, sia-sia pekerjaan saya,” ujarnya.

Pria yang kini tinggal sendiri ini mengaku, keahlian membangun tersebut diperoleh ketika di merantau dan bekerja di Malaysia.

“Dari kerja tukang batu saya dapat keahlian ini. Saya coba manfaatkan tanah di pekarangan rumah untuk bangun bangunan bawah tanah,” terangnya.

spot_img
PenulisYusnadi
- Advertisment -

Headline